Bandara Pondok Cabe Diyakini Pacu Pertumbuhan Ekonomi Daerah

Bandara Pondok Cabe Diyakini Pacu Pertumbuhan Ekonomi Daerah
Bandara Pondok Cabe, Tangerang. Ilustrasi

jpnn.com -  

JAKARTA - Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) II, Budi Karya Sumadi meyakini, pengoperasian Bandara Pondok Cabe sebagai bandara komersial akan menjadi jembatan penerbangan dari Jakarta ke daerah berkembang. Hal itu guna mempercepat laju pertumbuhan ekonomi nasional melalui arus lalu lintas barang (cargo) maupun penumpang.

“Pengoperasian Bandara Pondok Cabe ini merupakan hasil kerja sinergi antar BUMN, yang bertujuan mendorong pertumbuhan ekonomi serta meningkatkan kapasitas bisnis BUMN sendiri,” ujar Budi di Jakarta, Sabtu (26/3).

Sebab selama ini, untuk beberapa daerah potensial yang perekonomiannya berkembang di bagian selatan Sumatera dan Kalimantan. Seperti Lubuk Linggau dan Pangkalan Bun, tidak bisa langsung di jangkau dari Jakarta. Sehingga tidak tercapai efisiensi dan efektivitas baik bagi penumpang maupun kelancaran arus barung.

“Harapannya dengan beroperasi Bandara Pondok Cabe tidak membebani lagi arus penumpang dan barang, maupun bandara yang menjadi hub,” papar Budi.

Secara ekonomis, lanjut Budi, rute langsung dari Jakarta ke daerah-daerah ini bisa mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah. Bahkan, sebagai jembatan penerbangan antar daerah berkembang, yang selama ini tidak terjangkau. Sedangkan dari sisi BUMN, rute ini akan meningkatkan kapasitas bisnis perseroan.

Dia menambahkan, AP II bersama PT Garuda Indonesia dan Pertamina telah melakukan pembahasan lebih detail mengenai teknis operasional bandara yang berlokasi di kawasan Tangerang Selatan itu. Kehadiran Bandara Pondok Cabe diharapkan bisa meningkatkan efisiensi dan peningkatan kapasitas bisnis BUMN, serta percepatan pertumbuhan ekonomi daerah-daerah.

“Kami saat ini sudah dalam perencanaan pelaksanaan teknis semoga segala sesuatunya akan berjalan lancer,” harap Budi. (chi/jpnn)

  JAKARTA - Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) II, Budi Karya Sumadi meyakini, pengoperasian Bandara Pondok Cabe sebagai bandara komersial


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News