JPNN.com

Bangun Pabrik di Purwakarta, Nissan Gelontorkan Rp 437 Miliar

Jumat, 09 September 2016 – 12:36 WIB Bangun Pabrik di Purwakarta, Nissan Gelontorkan Rp 437 Miliar - JPNN.com

JAKARTA – Komitmen Nissan Motor terhadap pasar otomotif Indonesia ternyata bukan isapan jempol belaka. Nissan membuktikannya dengan membangun pabrik mesin dan transmisi di Purwakarta, Jawa Barat.

Dana yang digelontorkan pabrikan asal Jepang itu juga tak sedikit. Total, Nissan menggelontorkan dana sebesar JPY 3,4 miliar atau setara Rp 437 miliar. Fasilitas produksi seluas tiga ribu meter persegi itu didedikasikan untuk mobil-mobil Datsun.

Kapasitas produksinya mencapai 96 ribu unit per tahun dan ditargetkan mulai berproduksi pada September 2017. ”Investasi ini bagian penting dari strategi pertumbuhan Nissan secara global,” terang Presiden Direktur Nissan Motor Indonesia (NMI) Antonio Zara.

Wakil Presiden Direktur NMI Fumitoshi Yoshikawa menjelaskan, pembangunan pabrik komponen utama di Indonesia merupakan upaya konkret dalam menjaga kualitas global dari sisi manufaktur.

”Kami mampu memberikan produk terbaik sesuai standar sistem produksi Nissan Production Way,” katanya.

Untuk tahap awal, pabrik mesin dan transmisi tersebut akan digunakan kendaraan produksi Nissan yang bermerek Datsun. ”Model lain akan menyusul menyesuaikan dengan kebutuhan,” jelas Head of Communication NMI Hana Maharani.

Datsun menjadi prioritas Nissan karena sudah menjadi tulang punggung penjualan NMI sejak lahir pada 2014. Porsi penjualannya hampir 50 persen dari total portofolio NMI di pasar Indonesia. Datsun juga segera merilis produk terbaru dalam waktu dekat.

Dalam gelaran Gaikindo International Indonesia Auto Show (GIIAS) 2016, Datsun sudah memamerkan Go Cross yang digadang-gadang menjadi andalan baru. (gen/c5/noe/jos/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...