Bank Kalbar Menargetkan Layanan QRIS Menembus ASEAN hingga Arab Saudi

Bank Kalbar Menargetkan Layanan QRIS Menembus ASEAN hingga Arab Saudi
Kantor Utama Bank Kalbar di Pontianak (Antara/Rendra Oxtora)

jpnn.com - PONTIANAK - Bank Kalbar menargetkan layanan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dapat menembus ASEAN, serta Arab Saudi. Hal itu diungkap Direktur Utama Bank Kalbar Rokidi di Pontianak, Kamis (26/1).

Pada 2023, kata dia, apa yang diinginkan Gubernur Kalbar Sutarmidji terkait pada wilayah kerja Bank Kalbar di ASEAN, harus memiliki kerja sama kaitan dengan layanan QRIS Cross Border. 

"Jadi, ketika keluar tidak lagi menukar uang, cukup melalui QRIS bisa bertransaksi ke wilayah, bukan hanya di level ASEAN, tetapi juga kami ingin Bank Kalbar ini masuk ke Arab Saudi," kata Rokidi.

Baca Juga:

Dia menjelaskan perencanaan target hingga Arab Saudi tersebut dilakukan karena jemaah haji dan umrah Kalbar sangat banyak melakukan perjalanan ke Timur Tengah. Oleh karena itu, QRIS akan mempermudah jemaah untuk bertransaksi.

Selain itu, dia mengatakan, sejalan dengan kondisi ekonomi akibat pandemi Covid-19, maka seluruh perbankan termasuk Bank Kalbar harus memulai melakukan pelayanan secara digital dalam rangka mendongkrak dan mempercepat pertumbuhan ekonomi terutama di perkreditan.

"Pada 2023 kami akan mulai aplikasi perkreditan secara elektronik, lalu kaitan dengan layanan perbankan kami sudah mengarah ke sana," kata dia. 

Menurut dia, arahan Gubernur Kalbar Sutarmidji terkait layanan digital itu memang menjadi keharusan. "Karena Bank Kalbar selain menjadi menjadi bank daerah, harus menjadi bank nasional bahkan Internasional juga," tuturnya. 

Komisaris Bank Kalbar Eddy Suratman mengatakan akan selalu siap melakukan pengawasan terhadap target yang ada di dalam bisnis bank.

Bank Kalbar menargetkan layanan QRIS dapat menembus ASEAN, serta Arab Saudi, sebagaimana arahan Gubernur Sutarmidji.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News