JPNN.com

Banyak Lahan di Bogor Telah Dialihfungsikan

Senin, 15 Februari 2010 – 16:59 WIB Banyak Lahan di Bogor Telah Dialihfungsikan - JPNN.com
JAKARTA - Hujan sedikit, Jakarta langsung banjir. Hal ini, oleh sejumlah pengamat, bahkan termasuk Kementerian Lingkungan Hidup (LH) sendiri, disebabkan karena selain terjadinya sedimentasi di kali dan sungai akibat volume sampah yang membludak, juga adalah karena banjir kiriman dari Bogor.

Menurut Menteri LH Gusti Mohamad Hatta, sebagian besar lahan (hutan, Red) di Bogor misalnya, itu memang telah dialihfungsikan. Misalnya saja untuk pembuatan vila, cottage dan sebagainya. Akibatnya katanya, daerah penyerapan air pun menjadi berkurang.

"Bogor yang letaknya lebih tinggi dibanding Jakarta, ketika hujan tidak mampu menahan air, karena pohon yang berfungsi sebagai penyerap air banyak yang ditebang. Akibatnya, aliran airnya pun tumpah ke Jakarta," tutur Gusti, dalam rapat kerja dengan Komisi V DPR RI, Senin (15/2).

Kondisi ini, kata Gusti lagi, diperparah dengan tingginya sedimentasi sungai dan kali, sehingga tidak bisa lagi menampung aliran air. Gusti pun membeberkan data, bahwa dari 131 situ, 13 di antaranya saat ini juga telah dialihfungsikan. Sementara sebanyak 82 (dalam keadaan) rusak, 62 terganggu, serta hanya 72 di antaranya yang baik.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...