Bappenas Jadikan Prinsip-Prinsip Pembangunan Berkelanjutan Dasar Penilaian Pemenang ISDA 2019

Bappenas Jadikan Prinsip-Prinsip Pembangunan Berkelanjutan Dasar Penilaian Pemenang ISDA 2019
Corporate Forum for Community Development (CFCD) menggelar rapat di Mercure Convention Centre, Ancol, Jakarta Utara, 23-24 Agustus. Foto: CFCD

jpnn.com, JAKARTA - Jelang pemberian anugerah Indonesia SDGs Award (ISDA) 2019 yang akan digelar pada 6 September 2019 mendatang, Corporate Forum for Community Development (CFCD) menggelar rapat di Mercure Convention Centre, Ancol, Jakarta Utara, 23-24 Agustus. 

Rapat pleno yang digelar bersama dengan sejumlah stakeholder dari berbagai kementerian terkait tersebut memiliki agenda untuk menilai 153 program corporate social responsibility (CSR) yang diajukan oleh 61 perusahaan dengan orientasi bisnis yang berbeda.

Menurut salah satu peserta rapat pleno yang juga sebagai Kepala sekretariat nasional SDG's Indonesia Amalia Adininggar Widyasanti, hal-hal seperti menilai secara objektif, mengedepankan peranan private sector dalam mendorong pembangunan berkelanjutan serta kontribusi perusahaan pada pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan penting untuk diikutsertakan dalam sebuah penilaian.

"Dengan item-item syarat penilaian yang diajukan oleh pihaknya yang juga mewakili dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/BAPPENAS, kami berharap dapat menjadi pemicu bagi para pelaku usaha untuk terus saling berlomba dan berkiprah lebih baik lagi dalam memberdayakan masyarakat di sekitar perusahaan melalui alokasi dana CSR-nya," kata Amalia.

Staf ahli menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) bidang sinergi ekonomi dan pembiayaan itu juga menginginkan bahwa dalam penilaian berbagai program CSR yang diajukan oleh 61 perusahaan tersebut ke depannya proses bisnis dan perencanaan kebijakan perusahaan dapat diarahkan lebih baik untuk sejalan dengan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan.

Prinsip-prinsip SDG's atau tujuan pembangunan berkelanjutan yang selalu dijalankan oleh perusahaan dari tahun ke tahun dan tidak berhenti ketika memenangkan SDG's Award papar Amalia dalam rapat pleno yang diikutinya selama dua hari di Mercure Ancol.

Secara umum 17 tujuan pembangunan berkelanjutan. Di antaranya, meliputi pemberantasan kemiskinan, pembangunan infrastruktur, pemberdayaan wanita, kemitraan dengan berbagai pihak.

"Sejumlah tujuan lainnya harus dipenuhi oleh perusahaan yang akan memenangkan ajang SDG's Award 2019," ujarnya.

Jelang pemberian anugerah Indonesia SDGs Award (ISDA) 2019 yang akan digelar pada 6 September 2019 mendatang, Corporate Forum for Community Development (CFCD) menggelar rapat di Mercure Convention Centre, Ancol, Jakarta Utara, 23-24 Agustus.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News