JPNN.com

Bappenas Jadikan Prinsip-Prinsip Pembangunan Berkelanjutan Dasar Penilaian Pemenang ISDA 2019

Minggu, 25 Agustus 2019 – 06:34 WIB Bappenas Jadikan Prinsip-Prinsip Pembangunan Berkelanjutan Dasar Penilaian Pemenang ISDA 2019 - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Jelang pemberian anugerah Indonesia SDGs Award (ISDA) 2019 yang akan digelar pada 6 September 2019 mendatang, Corporate Forum for Community Development (CFCD) menggelar rapat di Mercure Convention Centre, Ancol, Jakarta Utara, 23-24 Agustus. 

Rapat pleno yang digelar bersama dengan sejumlah stakeholder dari berbagai kementerian terkait tersebut memiliki agenda untuk menilai 153 program corporate social responsibility (CSR) yang diajukan oleh 61 perusahaan dengan orientasi bisnis yang berbeda.

Menurut salah satu peserta rapat pleno yang juga sebagai Kepala sekretariat nasional SDG's Indonesia Amalia Adininggar Widyasanti, hal-hal seperti menilai secara objektif, mengedepankan peranan private sector dalam mendorong pembangunan berkelanjutan serta kontribusi perusahaan pada pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan penting untuk diikutsertakan dalam sebuah penilaian.

"Dengan item-item syarat penilaian yang diajukan oleh pihaknya yang juga mewakili dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/BAPPENAS, kami berharap dapat menjadi pemicu bagi para pelaku usaha untuk terus saling berlomba dan berkiprah lebih baik lagi dalam memberdayakan masyarakat di sekitar perusahaan melalui alokasi dana CSR-nya," kata Amalia.

Staf ahli menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) bidang sinergi ekonomi dan pembiayaan itu juga menginginkan bahwa dalam penilaian berbagai program CSR yang diajukan oleh 61 perusahaan tersebut ke depannya proses bisnis dan perencanaan kebijakan perusahaan dapat diarahkan lebih baik untuk sejalan dengan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan.

Prinsip-prinsip SDG's atau tujuan pembangunan berkelanjutan yang selalu dijalankan oleh perusahaan dari tahun ke tahun dan tidak berhenti ketika memenangkan SDG's Award papar Amalia dalam rapat pleno yang diikutinya selama dua hari di Mercure Ancol.

Secara umum 17 tujuan pembangunan berkelanjutan. Di antaranya, meliputi pemberantasan kemiskinan, pembangunan infrastruktur, pemberdayaan wanita, kemitraan dengan berbagai pihak.

"Sejumlah tujuan lainnya harus dipenuhi oleh perusahaan yang akan memenangkan ajang SDG's Award 2019," ujarnya.

Seperti diketahui sebelumnya rapat pleno penilaian program CSR yang diusulkan oleh perusahaan/instansi anggota CFCD untuk memperoleh penghargaan dalam ajang Indonesia SDG's Award (ISDA) 2019 diikuti oleh tim penilai ISDA 2019.

Mereka terdiri dari Thendri Supriatno, Iskandar Sembiring, Suwandi, Suharman Noerman, Hardinsyah, Endang Kurniawan, Emman Sugiyanto, Bambang Priatmoni, Sarwat Fardaniyah, Yusreini Sabrie, Prof. Asnath M. Fuah, Juniati Gunawan, Erniningsih Haryadi serta Sitti Faoziah.

Adapun susunan tim verifikator ISDA 2019 itu sendiri terdiri dari Akmal Aziz, Nana Sutrisno, Jajang Saepul Malik, Firman Ramansyah, Darwan Kusnadi, Peggy Arnolia, Reni Sri Ambarwati serta Putri Eka Enova.

Rapat pleno penilaian Indonesian SDGs Award (ISDA) 2019 yang digelar di Mercure Convention Centre Ancol pada 23-24 Agustus 2019 turut dihadiri oleh Ketua penyelenggara kegiatan ISDA 2019 merangkap Sekjen CFCD Nurul Iman dan Ketua Umum CFCD Sudarmanto.

Ada juga Kepala BSN Bambang Prasetya, Kepala Sekretariat Nasional SDGs Indonesia Amalia Adininggar Widyasanti, Asisten Deputi Pemberdayaa Masyarakat dari Kemenko PMK Mustikorini Indrijatiningrum serta sejumlah perwakilan dari kementerian terkait. (jos/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...