Bawaslu Protes Caleg Ikut Rekanan KPU

Bawaslu Protes Caleg Ikut Rekanan KPU
Bawaslu Protes Caleg Ikut Rekanan KPU
JAKARTA - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) telah melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah perusahaan percetakan surat suara. Dalam sidak itu, Bawaslu mendapatkan sejumlah temuan yang berpotensi menimbulkan kecurangan pemilu legislatif melalui surat suara.

Temuan pertama adalah adanya calon anggota legislatif (caleg) yang juga pemilik percetakan pemenang tender surat suara. PT Wihani Grafindo yang masuk dalam konsorsium Ganeca Exact Bandung dimiliki ND Murdani, caleg DPR nomor urut satu dapil Provinsi DKI Jakarta I dari Partai Merdeka.

Selain itu, istri pemilik PT Ceria Riau Mandiri Mukhniarti Basko adalah caleg DPRD Provinsi Riau nomor urut satu dapil Kota Riau dari Partai Demokrat. Perusahaan tersebut menjadi bagian dari konsorsium PT Pura Barutama.

"Walau tidak ada ketentuan yang melarang seorang pemilik percetakan mengajukan diri sebagai caleg, potensi kecurangan bisa terjadi," ujar Agustiani Tio Fridelina, ketua Pokja Pengawasan Logistik Bawaslu, di Jakarta, Senin (16/2).

JAKARTA - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) telah melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah perusahaan percetakan surat suara. Dalam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News