Bayern Munchen Klub Terbaik Dunia

Bayern Munchen Klub Terbaik Dunia
Bayern Munchen. Foto: Getty Images

jpnn.com - MUNCHEN--Bayern Munchen ditahbiskan menjadi klub terbaik dunia tahun 2013. Klub asal Jerman itu berhasil mematahkan dominasi klub asal Spanyol, seperti Real Madrid dan Barcelona.

The International Federation of Football History & Statistics (IFFHS) menyatakan klub asuhan Pep Guardiola itu mampu menunjukan penampilan gemilang dan konsisten sepanjang tahun lalu.

Sedangkan Real Madrid berada di peringkat kedua. Disusul Chelsea, Atletico Madrid dan Barcelona. Berdasarkan data IFFHS, Munchen secara keseluruhan meraih 370 poin, sementara Real Madrid (290 poin), Chelsea (273 poin), Atletico Madrid (251 poin) dan Barcelona (247 poin).

Sepanjang tahun 2013, prestasi Bayern memang luar biasa. Di bawah asuhan Jupp Heynckes, Bayern meraih treble winners: Bundesliga, Liga Champions, dan DFB-Pokal. Kemudian dilanjutkan dua gelar tambahan, yakni Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antarklub saat diasuh Pep Guardiola.

IFFHS rutin mengeluarkan rangking klub-klub dunia sejak 1991. Perhitungan poin mempertimbangkan berbagai hal, termasuk performa di liga domestik, kompetisi benua, dan antarbenua.

Setiap liga domestik memiliki jumlah poin yang berbeda. Liga dalam level tertinggi mendapat 4 poin untuk setiap kemenangan, 2 imbang, dan 0 untuk kekalahan. Poin berbeda diterapkan untuk liga yang di level lebih bawah.

Berikut 10 besar ranking dunia versi IFFHS tahun 2013:

1. Bayern Munich (Jerman) 370 poin
2. Real Madrid (Spanyol) 290 poin
3. Chelsea (Inggris) 273 poin
4. Atletico Madrid (Spanyol) 250 poin
5. Barcelona (Spanyol) 247 poin
6. Paris Saint-Germain (Prancis) 240 poin
7. Basel (Swiss) 239 poin
8. Atletico Mineiro (Brasil) 238 poin
9. Tottenham Hotspur (Inggris) 238 poin
10. Benfica (Portugal) 232 poin.(afz/jpnn)

MUNCHEN--Bayern Munchen ditahbiskan menjadi klub terbaik dunia tahun 2013. Klub asal Jerman itu berhasil mematahkan dominasi klub asal Spanyol, seperti


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News