JPNN.com

BBM Naik, India Lumpuh

Selasa, 06 Juli 2010 – 00:25 WIB BBM Naik, India Lumpuh - JPNN.com
NEW DELHI - Keputusan pemerintah India untuk mencabut subsidi bahan bakar minyak (BBM) bulan lalu berdampak serius. Kemarin (5/7) di bawah komando oposisi, ribuan warga di beberapa negara bagian memprotes kebijakan yang tidak populis tersebut. Akibatnya, transportasi di negeri Taj Mahal itu terganggu.

Dampak terparah protes yang digagas Partai Bharatiya Janata (BJP) itu terjadi di empat negara bagian pro-oposisi. Yakni di West Bengal, Maharashtra, Karnataka dan Bihar. Di Kota Mumbai, ibukota Maharashtra, protes kenaikan harga BBM tersebut mengacaukan penerbangan. "Sebanyak 49 keberangkatan domestik dan 39 kedatangan domestik terpaksa dibatalkan," terang petugas bandara kepada Agence France-Presse.

Kekacauan yang sama terjadi di bandara domestik West Bengal di Kota Calcutta. Sebagian penerbangan domestik dari dan ke ibu kota West Bengal terpaksa dibatalkan. Bukan hanya itu, di dua negara bagian tersebut, para demonstran juga melakukan aksi anarkistis. Mereka melempari bus yang melintas dengan batu dan memblokade jalanan dengan membakar ban.

Sebenarnya, pemerintah lokal Maharashtra sudah berupaya maksimal mengantisipasi aksi protes yang dijadwalkan berlangsung 12 jam tersebut. Minggu (4/7) lalu, aparat mengamankan sedikitnya 1.000 aktivis oposisi di seantero Mumbai, kota bisnis India. Meski demikian, protes akbar kemarin tetap berjalan sesuai rencana dan cenderung anarkistis.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...