Bea Cukai Beri Asistensi Ekspor kepada Pelaku UMKM di 3 Daerah, Ini Tujuannya

Bea Cukai Beri Asistensi Ekspor kepada Pelaku UMKM di 3 Daerah, Ini Tujuannya
Bea Cukai terus memberikan asistensi kepada pelaku usaha di beberapa daerah agar produk dalam negeri bisa berkembang. Ilustrasi foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai berkomitmen mendukung upaya UMKM dan IKM untuk memperluas pasaran produknya secara global. 

Dalam rangka menjalankan misi tersebut, Bea Cukai di berbagai daerah gencar memberikan asistensi ekspor. Di antaranya adalah Bea Cukai Bogor, Tasikmalaya, dan Banyuwangi.

Tim Klinik Ekspor Bea Cukai Bogor melakukan kunjungan sekaligus mengasistensi  dan memprofiling produk UMKM ke PT Berkah Inovasi Kreatif Indonesia (BIKI). Perusahaan tersebut merupakan produsen Chitasil dengan produk unggulannya Chitasil Edibel Coating.

Chitasil Edible Coating adalah pelapis buah dan sayur Alami sehingga dapat membantu memelihara kesegaran buah sayuran lebih lama, lebih sedikit yang busuk dan terbuang. 

Chitasil menggunakan bahan alami berupa Biomaterial Food Waste (chitosan) yang aman untuk dikonsumsi, Edible (dapat dimakan langsung), tidak bersifat toxic, standar food grade dan BPOM serta Biodegradable dan ramah lingkungan.

Dalam kegiatan asistensi UMKM dari Bea Cukai menyampaikan fasilitas KITE IKM (Kemudahan Impor Tujuan Ekspor Industri Kecil dan Menengah), yaitu fasilitas Kepabeanan yang diberikan berupa insentif fiskal dan kemudahan prosedural untuk impor bahan baku, mesin, dan barang contoh oleh IKM dengan orientasi ekspor. 

“Diharapkan, fasilitas KITE IKM ini dapat membantu menekan biaya bahan baku lebih rendah sehingga harga jual produk IKM lebih kompetitif di pasar global,” ungkap Hatta Wardhana, Kasubdit Hubungan Masyarakat dan Penyuluhan.

Bea Cukai Tasikmalaya memberikan asistensi pengisian modul PEB dan sosialisasi ketentuan ekspor kepada produsen pembuat media tanam cocopeat PT Nutrisi Bumi Lestari.

Bea Cukai memberikan asistensi ekspor kepada pelaku UMKM di tiga daerah agar potensi pasar produk dalam negeri bertumbuh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News