Bea Cukai Dorong UMKM Daerah Agar Produknya Tembus Pasar Global

Bea Cukai Dorong UMKM Daerah Agar Produknya Tembus Pasar Global
Tim Bea Cukai mendatangi pelaku usaha di berbagai daerah. Foto: dok Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai melakukan asistensi dan dukungan terhadap produk andalan dengan mendatangani beberapa unit mikro kecil menengah (UMKM) di berbagai daerah seperti Meulaboh, Maluku dan Jambi.

Kepala Subdirektorat Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai Tubagus Firman Hermansjah mengatakan, pihaknya terus berkomitmen untuk mendorong UMKM di wilayah pengawasan agar bisa melakukan ekspor produk unggulannya.

Dia menambahkan, ekspor produk lokal dan andalan memang menjadi fokus utama Bea Cukai untuk bisa membantu UMKM di daerah.

Dalam melakukan ekspor itu, Firman mengatakan melakukan pendekatan dan sosialisasi terkait aturan ekspor.

Kemudian dilakukan pengurusan administrasi bila pelaku usaha menyetujui.

Selanjutnya akan dilakukan ekspor apabila pihak importir telah menyetujui dan menerima sampel barang contoh yang dikirim tersebut.

"Penggalian potensi ini akan makin digencarkan oleh Bea Cukai demi membantu masyarakat dan membangun perekonomian Indonesia,” ungkap Firman dalam siaran persnya, Selasa (21/9).

Dari wilayah Meulaboh, Bea Cukai memberikan asistensi terhadap produk minyak nilam yang rencananya akan dikirim ke Belanda.

Kepala Subdirektorat Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai Tubagus Firman Hermansjah mengatakan, pihaknya terus berkomitmen untuk mendorong UMKM di berbagai daerah agar produknya bisa tembus pasar global.