Bea Cukai Dukung UMKM Gali Potensi Ekspor

Bea Cukai Dukung UMKM Gali Potensi Ekspor
Bea Cukai mengujungi salah satu pelaku UMKM. Foto: dok Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai melakukan kegiatan kepada para pelaku UMKM dalam negeri untuk bisa mengekspor produknya.

Dalam melancarkan hal itu, mereka mendatangi langsung para pelaku UMKM untuk mencari tahu kendala dan memberikan dukungan lewat fasilitas fiskal dan informasi terkait prosedur ekspor.

“Kami terus berupaya menggali potensi para pelaku UMKM dalam negeri agar dapat bersaing di pasar internasional,” ungkap Kepala Subdirektorat Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai Tubagus Firman Hermansjah dalam keterangan persnya, Kamis (23/9).

Dia menambahkan, kegiatan tersebut sudah dilakukan di berbagai daerah. Kali ini, kata dia, Bea Cukai Pematangsianta menggandeng KPPN Sidikalang, dan KPP Pratama Kabanjahe.

Dia mengatakan pihaknya memberikan sosialisasi terkait tata cara ekspor dan menjadi eksportir kepada para pelaku UMKM.

Tidak hanya itu, dalam kegiatan tersebut dipaparkan kebijakan insentif perpajakan dan business development service untuk mengembangkan usaha mereka.

“Pada dasarnya ekspor bisa dilakukan siapa saja baik itu perseorangan, lembaga, atau badan hukum. Bea Cukai siap memberikan asistensi kepada para pelaku usaha untuk dapat mengekspor produknya ke pasar luar negeri,” jelas Firman.

Di wilayah timur Indonesia, Bea Cukai Ambon memberikan dukungan ekspor hingga ke Pulau Banda. Salah satunya mengujungi PT Harta Samudra yang bergerak di bidang pengepulan produk Pala dan tempat penyimpanan ikan.

Bea Cukai melakukan kegiatan kepada para pelaku UMKM dalam negeri untuk bisa mengekspor produknya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News