Bea Cukai Raih Capaian Penerimaan Memuaskan di Semester I

Bea Cukai Raih Capaian Penerimaan Memuaskan di Semester I
Meski tengah menghadapi kondisi pandemi Covid-19, Bea Cukai di berbagai daerah berhasil menorehkan capaian penerimaan yang sangat memuaskan pada semester I tahun 2021. Foto: Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai sebagai revenue collector kian berupaya menggenjot penerimaan negara untuk mendukung penguatan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Meskipun tengah menghadapi kondisi pandemi Covid-19, Bea Cukai di berbagai daerah berhasil menorehkan capaian penerimaan yang sangat memuaskan pada semester I tahun 2021.

Plt Kepala Subdirektorat Komunikasi dan Publikasi Hatta Wardhana mengungkapkan pada semester I tahun 2021, Bea Cukai telah menunjukkan kinerja yang baik dalam mengoptimalkan target penerimaan. Hal ini khususnya berhasil dilakukan oleh Bea Cukai Bali Nusra, Kuala Tanjung, serta Bea Cukai Jateng DIY.

“APBN yang kuat sangat dibutuhkan terutama dalam masa pandemi Covid-19. Bea Cukai secara aktif turut melakukan pencegahan dan penanggulangan dampak pandemi, serta mendorong program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) melalui optimalisasi penerimaan negara, dalam hal ini bea masuk, bea keluar dan cukai, serta optimalisasi pengawasan lewat rangkaian penindakan,” ujar Hatta lewat keterangannya, Selasa (13/7).

Bea Cukai Bali Nusra berhasil mengumpulkan penerimaan yang optimal pada semester I tahun 2021 dengan realisasi Rp726,37 miliar dari target Rp425,89 miliar.

Penerimaan tersebut didominasi oleh penerimaan bea keluar, yaitu sebesar Rp344,96 miliar dari target senilai Rp67,68 miliar.

Hatta menambahkan, di bidang penindakan pada sektor cukai serta impor, Bea Cukai Bali Nusra telah berhasil melakukan 488 penindakan dengan mengamankan total potensi kerugian negara sebesar Rp387,5 juta.

Peredaran gelap narkotika juga berhasil diminimalisir lewat 32 kali penindakan dengan total nilai barang sebesar Rp4,1 miliar.

Bea Cukai sebagai revenue collector kian berupaya menggenjot penerimaan negara untuk mendukung penguatan APBN.