Bea Cukai Tangkap Kapal Tanker Pengangkut BBM Ilegal, Jumlahnya Wow

Bea Cukai Tangkap Kapal Tanker Pengangkut BBM Ilegal, Jumlahnya Wow
Bea Cukai sebagai aparat penegak hukum menangkap sebuah kapal tanker yang mengakut muatan bahan bakar minyak (BBM) solar ilegal. Foto: Bea cukai

jpnn.com, BATAM - Bea Cukai sebagai aparat penegak hukum menangkap sebuah kapal tanker yang mengakut muatan minyak solar di HSD dengan total 629,3 KL di perairan Pulau Karimun Besar.

Penangkapan tersebut merupakan hasil dari operasi laut Jaring Sriwijaya yang dilakukan oleh Bea Cukai Batam dan Kanwil Khusus Bea Cukai Kepulauan Riau.

Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Askolani mengungkapkan modus yang digunakan kapal MT. Zakira yang ditangkap oleh satuan tugas Bea Cukai pada Minggu (25/9).

“Modus yang digunakan adalah dengan memuat bahan bakar minyak jenis solar secara ship-to-ship dari beberapa kapal di luar daerah pabean,” ungkap Askolani.

Penindakan berawal dari informasi yang diterima petugas Bea Cukai tentang adanya modus penyelundupan BBM dengan cara STS antarkapal sambil berjalan lambat atau berhenti mengapung di perairan Selat Singapura dan perairan Timur Johor, Malaysia.

Satgas Patroli Laut Jaring Sriwijaya BC 7005 mendapatkan informasi bahwa akan ada kapal tanker dari Tanjung Uncang yang diduga bermuatan minyak menuju keluar daerah pabean tanpa dokumen.

Sepanjang 20-25 September Puskodal Bea Cukai Batam dan Satgas Patroli Laut Jaring Sriwijaya BC 7005 melakukan pemantauan.

Dari pemantauan radar, kapal MT. Zakira berada di posisi sebelah timur Teluk Penawar perairan Malaysia dan tengah terpantau banyak kapal mendekat ke kapal MT. Zakira.

Bea Cukai sebagai aparat penegak hukum menangkap sebuah kapal tanker yang mengakut muatan bahan bakar minyak (BBM) solar ilegal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News