Bea Cukai Terus Menggali Potensi Ekspor Dari Berbagai Daerah

Bea Cukai Terus Menggali Potensi Ekspor Dari Berbagai Daerah
Kepala Kantor Bea Cukai Gresik Bier Budy menyelenggarakan kegiatan Customs On The Street pada Sabtu (1/5). Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, GRESIK - Untuk mengoptimalkan potensi ekspor dari berbagai daerah, Bea Cukai secara aktif memberikan edukasi kepada calon eksportir. Seperti yang diselenggarakan oleh Bea Cukai Gresik pada Sabtu (1/5) dalam kegiatan Customs On The Street.

Dalam kesempatan ini, Bea Cukai Gresik mengenalkan klinik ekspor pada asosiasi UMKM Kabupaten Gresik.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap pelaku UMKM dapat melebarkan target pasar ke kancah internasional,” kata Bier Budy, Kepala Kantor Bea Cukai Gresik.

Pada kesempatan ini pula, Bea Cukai Malili melaksanakan asistensi pada pengusaha UKM Ammanagappa terkait prosedur ekspor. Bertempat di Kecamatan Towuti, Bea Cukai juga mendorong UKM dengan produk unggulan berupa lada ini untuk memasarkan produknya ke pasar global.

Sementara itu, pada Jumat (30/4) dilaksanakan focus group discussion terkait koordinasi pelaksanaan ekspor perdana komoditas udang ke Jepang oleh Bea Cukai Timika.

Turut hadir pada kegiatan ini perwakilan dari instansi lainnya.

Kepala Kantor Bea Cukai Timika, I Made Aryana, menjelaskan, “sudah tersedia kurang lebih 8 ton udang yang rencananya akan diekspor setelah lebaran nanti. Dan tentunya, harus dipastikan kualitasnya adalah yang terbaik, agar ekspor udang ini dapat berjalan secara kontinu.”

Selain itu, Bea Cukai Merauka berkolaborasi dengan Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Merauke menyelenggarakan sosialisasi terkait ekspor.

Untuk mengoptimalkan potensi ekspor dari berbagai daerah, Bea Cukai secara aktif memberikan edukasi kepada calon eksportir.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News