Begini Aksi Mahasiswa ISI Yogyakarta Menggalang Dana untuk Korban Erupsi Gunung Semeru

Begini Aksi Mahasiswa ISI Yogyakarta Menggalang Dana untuk Korban Erupsi Gunung Semeru
Mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta saat menampilkan atraksi kesenian di perempatan Paseban Bantul. Foto: Dokumentasi Artsy Solidarity

jpnn.com, BANTUL - Mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta menggelar aksi solidaritas penggalangan dana bertajuk Artsy Solidarity For Semeru.

Kegiatan yang diselenggarakan selama 5-12 Desember itu sebagai respons atas banyaknya warga Lumajang, Jawa Timur yang terdampak erupsi Gunung Semeru.

"Kami melakukan berbagai agenda galang dana dengan berkesenian sebagai respon kreatif dari mahasiswa seni," kata Humas Artsy Solidarity Dilla Auliya Dina, Kamis (9/12).

Penggalangan dana bantuan untuk korban bencana itu dilakukan melalui kegiatan panggung bebas, seni turun ke jalan, dan lapak solidaritas.

Untuk aksi panggung bebas digelar di depan UPT ISI Yogyakarta yang diisi dengan berbagai pertunjukan meliputi akustik, pembacaan puisi, orasi, tari hingga teatrikal.

Kemudian, lapak solidaritas berupa aksi pengumpulan dana melalui penjualan berbagai makanan, minuman, dan barang layak pakai lainnya.

"Teman-teman seni rupa juga membuka berbagai jasa seperti sket wajah dan henna temporer yang hasilnya akan disumbangkan," imbuhnya.

Terakhir, mereka melakukan kegiatan seni turun ke jalan yang diisi oleh berbagai pertunjukan seni tari, teatrikal, dan musik gamelan.

Mahasiswa ISI Yogyakarta menggalang dana untuk korban erupsi Gunung Semeru melalui kegiatan bertajuk Artsy Solidarity For Semeru.