Begini Cara Blibli Awasi Penjualan Harga Produk-produk Kesehatan Covid-19

Begini Cara Blibli Awasi Penjualan Harga Produk-produk Kesehatan Covid-19
Blibli turut awasi penjualan produk-produk Covid-19 di platformnya. Foto dok blibli

jpnn.com, JAKARTA - Blibli, e-commerce lokal menerapkan dan memperketat pengawasan terhadap Harga Eceran Tertinggi (HET) produk-produk obat dalam masa pandemi Covid-19.

Tujuannya yakni untuk menghentikan permainan harga obat oleh distributor dan penjual sesuai Keputusan Menteri Kesehatan No. HK.01.07/MENKES/4826/2021.

Executive Vice President of Consumer Goods Blibli Fransisca K Nugraha menuturkan sebagai e-commerce lokal terdepan.

Dia memastikan Blibli selalu siap dalam mendukung kebijakan pemerintah serta menjaga kualitas produk yang diterima oleh pelanggan.

"Obat-obatan menjadi produk yang sangat penting bagi pembeli saat ini. Maka itu, kami berikan perhatian lebih lagi untuk kurasi produk obat-obatan yang hadir di Blibli," kata Fransisca.

Berikut lima langkah yang dilakukan Blibli dalam memonitoring pengawasan penjualan obat di platformnya.

1. Melakukan monitoring secara ketat dan menindak tegas siapa pun yang terbukti melanggar dan tidak sesuai dengan aturan yang disebutkan dalam Keputusan Menkes tentang HET; dalam bentuk penurunan konten dan hal lain sesuai dengan aturan yang ditetapkan
2. Blibli telah menerapkan proses verifikasi berlapis dan bertanggung jawab dalam alur proses pembelian obat-obatan resep dokter, dengan mewajibkan pembeli untuk menyertakan resep dokter resmi
3. Blibli juga memastikan mitra yang berjualan obat obatan di platform Blibli merupakan pihak yang memiliki izin resmi untuk menjual obat-obatan khususnya obat dengan resep dokter;
4. Blibli kembali mengingatkan mitra dan berbagai pihak untuk mematuhi dan menjalankan aturan yang berlaku
5. Akan terus mengawasi dengan memastikan kebijakan internal terkait penjualan produk-produk obat-obatan khususnya dengan resep dokter diterapkan.

"Langkah-langkah ini kami ambil dengan terus memastikan implementasinya diterapkan tidak hanya oleh Blibli, namun seluruh mitra terkait untuk mendukung pemerintah dalam mengendalikan dan menghentikan penyebaran COVID-19 di Indonesia," sebutnya.

Blibli, e-commerce lokal menerapkan dan memperketat pengawasan terhadap Harga Eceran Tertinggi (HET) produk-produk obat dalam masa pandemi Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News