Senin, 20 November 2017 – 09:14 WIB

Begini Cara Indonesia-Jepang Apresiasi 60 Tahun Persahabatan

Minggu, 12 November 2017 – 22:15 WIB
Begini Cara Indonesia-Jepang Apresiasi 60 Tahun Persahabatan - JPNN.COM

jpnn.com, MANILA - Logo 60 tahun hubungan Indonesia-Jepang resmi diluncurkan di sela pertemuan bilateral kedua negara, yang digelar berbarengan dengan rangkaian KTT ke-31 ASEAN dan KTT lainnya di Manila, Minggu (12/11).

Dalam pertemuan di Hotel Diamond, Manila tersebut, Indonesia dipimpin langsung Presiden Joko Widodo, sementara Negeri Matahari Terbit oleh Perdana Menteri Shinzo Abe. Jokowi juga didamping Menko PMK Puan Maharani, Menko Polhukam Wiranto, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Thomas Lembong dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Pertemuan Indonesia-Jepang kali ini meliputi pembahasan kegiatan-kegiatan commemorative yang bisa dilakukan kedua negara dalam memperingati 60 tahun hubungan Indonesia-Jepang. Pertemuan Jokowi dan Shinzo Abe juga membicarakan berbagai kerja sama investasi yang terkait dengan pengembangan infrastruktur di Indonesia.

“Pemerintah Indonesia dan Jepang, mengapresiasi kerja sama selama 60 tahun, dan ke depan diharapkan kerja sama akan semakin baik dan meningkat lagi termasuk di bidang pendidikan, inovasi digital, vokasional, dan kebudayaan,” ujar Puan Maharani.

Menko PMK diundang hadir dalam KTT ASEAN ke-31 selaku Ketua Pilar Sosial Budaya ASEAN di Indonesia yang telah menuntaskan sebelas deklarasi ASEAN di bidang ketenagakerjaan, kesehatan, kepemudaan, dan lingkungan hidup.

Sebelas deklarasi tersebut akan ditandatangani maupun diadopsi oleh para Kepala Negara ASEAN dalam sesi Pleno KTT ASEAN ke-31, Senin (13/11) besok. (adk/jpnn)

SHARES
loading...
loading...
Komentar