Begini Kata Sekjen PDIP Soal Sikap Pemerintah yang Condong Dukung Proporsional Terbuka

Begini Kata Sekjen PDIP Soal Sikap Pemerintah yang Condong Dukung Proporsional Terbuka
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menjawab pertanyaan awak media soal sikap pemerintahan Joko Widodo yang condong mendukung proporsional terbuka berlaku pada Pemilu 2024.

Sikap pemerintah itu mengemuka setelah menyampaikan pandangan dalam sidang uji materi di Mahkamah Konstitusi (MK) dengan nomor perkara 114/PUU-XX/2022.

Adapun sidang tersebut menguji tentang sistem pemilihan anggota DPR, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten atau kota melalui proporsional terbuka.

Para pemohon berharap MK bisa mengganti sistem pemilihan dari proporsional terbuka menjadi tertutup.

Hasto mengatakan PDIP memahami sikap pemerintahan Jokowi yang condong mendukung proporsional terbuka tetap berlaku pada Pemilu 2024.

Terlebih, PDIP hanya menjadi satu-satunya partai di parlemen yang berharap sistem pemilihan bisa menjadi proporsional tertutup. 

Sementara itu, delapan fraksi seperti Golkar, Gerindra, NasDem, PKB, PAN, PKS, Demokrat, dan PPP menginginkan proporsional terbuka tetap berlaku pada Pemilu 2024.

"Pemerintah mungkin melihat demokrasi presidensial memerlukan syarat dukungan 50 persen plus satu di parlemen, sehingga kami bisa memahami sikap pemerintah," kata Hasto ditemui di kantor DPC PDIP Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (27/1). 

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto memahami sikap pemerintah yang condong mendukung proporsional terbuka karena Indonesia menganut sistem presidensial. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News