Begini Teknik CPR yang Baik dan Benar

Begini Teknik CPR yang Baik dan Benar
Ilustrasi melakukan CPR. Foto: Health Science Consulting

jpnn.com - Kecelakaan bisa terjadi kapan saja, di mana saja dan kepada siapa saja. Itulah kalimat utama yang harus kita pahami bersama. Kecelakaan bisa terjadi di rumah, tempat rekreasi, puncak gunung, tempat kerja atau bahkan saat kita mengendarai sepeda motor.

Hal terpenting yang harus kita lakukan adalah bersiap diri terhadap dampak yang akan ditimbulkan atau setidaknya bisa mengurangi dampak yang terjadi sehingga bisa menyelamatkan jiwa dengan ilmu pertolongan pertama yang kita miliki. Salah satu bentuk tindakan pertolongan pertama adalah CPR (Cardiopulmonary resuscitation) atau di Indonesia bisa disebut juga dengan Resusitasi Jantung Paru (RJP).

Tidak hanya dokter atau tenaga terlatih yang bisa memakai teknik CPR untuk menyelamatkan nyawa seseorang. Anda sebagai orang awam pun bisa melakukannya. Meski begitu, teknik CPR yang bisa Anda berikan bisa berbeda dibandingkan teknik dokter atau tenaga terlatih. Berikut ini beberapa teknik melakukan CPR yang baik dan benar, seperti dilansir laman MSN, Senin (29/10).

1. Posisikan tangan Anda (di bawah)

Pastikan pasien berbaring telentang di permukaan yang keras. Berlututlah di sampingnya dan letakkan tumit tangan Anda di tengah dada.

2. Interlock jari (di bawah)

Jaga lengan Anda lurus, tutup tangan pertama dengan tumit tangan Anda yang lain dan saling mengunci kedua tangan bersama. Angkat jari-jari Anda agar tidak menyentuh dada atau tulang rusuk pasien.

3. Berikan penekanan dada (di bawah)

Teknik CPR yang bisa Anda berikan bisa berbeda dibandingkan teknik dokter atau tenaga terlatih.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News