Bekasi Jadi Penutup Peluncuran e-Warong KUBE PKH 2016

Bekasi Jadi Penutup Peluncuran e-Warong KUBE PKH 2016
Mensos dalam acara e-warong KUBE PKH?. Humas Kemensos for JPNN

jpnn.com - JPNN.com- Peluncuran terakhir program elektronik warung gotong royong KUBE PKH atau biasa dikenal e-warong KUBE PKH, digelar Jumat (‎30/12).

Kementerian Sosial memilih Bekasi, Jawa Barat, sebagai kota terakhir peluncuran E-Warong KUBE PKH oleh Kementerian Sosial untuk tahun 2016.

Bekasi merupakan kota ke 42 dan sekaligus E-Warong ke 156 yang telah diluncurkan di seluruh Indonesia.

Pada tahun 2016 di Kota Bekasi tercatat ada 18.471 Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) dan 63.230 Keluarga Penerima Manfaat Program Subsidi Beras Sejahtera atau lebih dikenal Rastra.

Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa menjelaskan bahwa para keluarga penerima manfaat program PKH dan Rastra secara bertahap akan mendapatkan pelayanan penyaluran bantuan sosial secara non tunai salah satunya di e-warong KUBE PKH.

"E-warong KUBE PKH ini akan menjadi agen pembayaran keuangan yang sekaligus perpanjangan tangan dari perbankan serta penyedia bahan pangan yang bekerja sama dengan bulog bagi penerima manfaat program bantuan pangan, sehingga penerima manfaat tidak lagi menjadi penonton dalam bantuan sosial, tetapi berperan aktif dalam pengelolaan bantuan sosial itu sendiri," ujarnya, saat penyerahan bantuan.

Khofifah pun mengingatkan, pada tahap awal kemunculan e-warong biasanya akan terjadi kecemburuan dengan warung-warung yang ada di sekitarnya. Karena harga di e-warong lebih murah dari warung lainnya.

"Misal 1 kg beras di pasaran Kota Bekasi harganya 10 ribu, maka di e-warong nanti harganya lebih murah yaitu 8-9 ribu, gula 1 kg di pasaran harganya 14 ribu, di e-warong hanya 12 ribu per-kilogram," ungkap Khofifah.

JPNN.com- Peluncuran terakhir program elektronik warung gotong royong KUBE PKH atau biasa dikenal e-warong KUBE PKH, digelar Jumat (‎30/12).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News