JPNN.com

Bekasi Terancam Tumpukan Sampah

Senin, 31 Januari 2011 – 07:07 WIB Bekasi Terancam Tumpukan Sampah - JPNN.com
BEKASI SELATAN – Ribuan ton sampah di Kota Bekasi hampir dipastikan tidak akan terangkut. Kondisi ini disebabkan tidak ada dana lagi untuk biaya operasional pembelian bahan bakar bagi puluhan kendaraan pengangkut sampah.

Demikian dikatakan kepala Bidang Persampahan, Dinas Kebersihan Kota Bekasi, Abi Hurairah. ”Kami sudah minjam sana-sini untuk mencari dana talangan, tetapi dana talangan itu hanya cukup untuk biaya oprasional bulan Januari saja, yang bulan besok belum tau bagaimana nasibny,” keluhnya.

Abi menjelaskan, pada awal bulan Januari pihaknya berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp380 juta, yang hanya cukup untuk pembelian bahan bakar minyak (BBM) kendaran angkutan sampah dan kendaran berat di tempat pembuangan akhir (TPA) sumur batu Bantar gebang.

Pembelian bahan bakar minyak (BBM) untuk enam alat berat menghabiskan biaya Rp 6 juta setiap harinya, sementara 85 truk pengangkut sampah membutuhkan biaya Rp12,3 juta setiap hari. ”Sedangkan untuk bulan Februari besok kami sudah tidak ada lagi anggaran, mau tidak mau sampah tidak bisa diangkut,” kata Abi.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...