Belanda Bantu Tata Kelola Air Indonesia

Belanda Bantu Tata Kelola Air Indonesia
Belanda Bantu Tata Kelola Air Indonesia
JAKARTA– Pemerintah Belanda berkomitmen meningkatkan kerjasama berbagai bidang dengan Indonesia, terutama dalam sistem tata kelola perairan (water management). Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri Belanda, Frans Timmermans, dalam rangkaian kunjungan perdananya ke Indonesia, Kamis (21/2).

Frans mengatakan water management merupakan salah satu hal penting yang harus dikuasai Indonesia terlebih dalam posisi rawan banjir saat ini terutama di Jakarta. Di satu sisi, menurutnya, air merupakan sumber daya alam yang bisa memberikan kemakmuran. ”Tetapi di sisi lain jika salah mengelolanya akan menjadi bencana,” ujarnya di kantor Kementerian Luar Negeri RI di Jakarta.

Pemerintah Belanda, menurutnya, berniat untuk membagi ilmu dan teknologi itu dengan Indonesia. Bukan hanya terkait dengan banjir yang belakangan ini masih terjadi di negara ini tetapi secara umum agar sistem pengairan di Indonesia sesuai fungsi dan kebutuhan.

Menteri Luar Negeri RI, Marty Natalegawa, mengatakan kerjasama dalam urusan water management ini sifatnya bukan bantuan maupun investasi. Lebih kepada optimalisasi fungsi dan kemampuan (capacity building) dalam kerangka kemitraan yang sejajar. ”Ingat, sekarang perekonomian Indonesia semakin mapan dan kuat jadi perspektifnya dari program seperti ini adalah kemitraan. Bukan lagi bantuan apalagi pinjaman,” tegasnya.

JAKARTA– Pemerintah Belanda berkomitmen meningkatkan kerjasama berbagai bidang dengan Indonesia, terutama dalam sistem tata kelola perairan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News