Belanja Aplikasi Internet Rp 16,76 Triliun, Dorong Percepat SPBE

Belanja Aplikasi Internet Rp 16,76 Triliun, Dorong Percepat SPBE
Asman Abnur. Foto: Kemenpan RB

jpnn.com, JAKARTA - Membengkaknya belanja internet, proyek-proyek besar seperti e-KTP, serta Palapa Ring mendorong pemerintah mempercepat Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Sistem ini khusus diberlakukan untuk pemda yang ditargetkan dimulai pada 2017.

"Bila SPBE bisa diwujudkan akan menekan inefisiensi yang sudah terjadi dalam beberapa tahun terakhir. Inefisiensi itu terutama disebabkan belum terintegrasinya e-government, lantaran masing-masing kementerian/lembaga dan pemerintah daerah membangun aplikasi sendiri-sendiri," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur di Jakarta, Rabu (17/5).

Berdasarkan data dari Kementerian Keuangan, total belanja aplikasi infrastruktur TIK dari tahun 2014 – 2017 ini sudah mencapai Rp 16,76 triliun.

Dari belanja sebesar itu, sekitar 65 persen di antaranya sama, yang memungkinkan dilakukan secara nasional.

“Kalau ini bisa dilakukan, akan terjadi efisiensi sekitar 50 persen,” ujar Asman usai melakukan rapat tertutup dengan Mendagri Tjahjo Kumolo.

Tjahjo menambahkan, ada beberapa materi yang dibahas dalam rakor tersebut. Pertama masalah penerapan sistem E-Government, terutama e-performance based management, yang diharapkan bisa cepat diterapkan oleh pemda.

“Hal ini menjadi satu agenda besar, termasuk perbaikan nilai akuntabilitas kinerja pemerintah daerah. Daerah yang nilainya masih C dan CC kami targetkan minimal menjadi B, sehingga pengelolaan anggaran yang selama ini belum sinkron antar program dengan kegiatan bisa kita perbaiki,” imbuhnya. ‎ (esy/jpnn)


Membengkaknya belanja internet, proyek-proyek besar seperti e-KTP, serta Palapa Ring mendorong pemerintah mempercepat Sistem Pemerintahan Berbasis


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News