Belum Ada Sanksi Pemda Beraport Merah

Belum Ada Sanksi Pemda Beraport Merah
Belum Ada Sanksi Pemda Beraport Merah
JAKARTA -- Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) akan memberikan penghargaan kepada kepala daerah yang masuk peringkat 10 besar hasil Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD). Penyerahan penghargaan akan dilakukan bertetapan dengan hari otonomi daerah (otda) di Bogor, 25 April 2011.

Dirjen Otda Kemendagri, Djohermansyah Djohan mengatakan, di hari otda itu nantinya secara khusus juga akan diumumkan hasil evaluasi kinerja otonom hasil pemekaran. Dijelaskan, evaluasi ini dilakukan agar bisa diketahui peringkat dan status kinerja daerah.

"Evaluasi juga untuk melaksanakan fungsi binwas kepada pemda. Ini sesuai prinsip desentralisasi. Setelah kita mentransfer urusan pemerintahan, maka kita harus kontrol dan evaluasi untuk mengetahui kekurangan dan bagaimana menindaklanjutinya dengan penguatan kapasitas," terang Djihermansyah kepada wartawan di kantornya, Selasa (19/4).

Disebutkan, evalusi dilakukan oleh tim yang melibatkan kemendagri, kemenkeu, kemenkumham, setneg, setkab, bappenas, BPKP, BPS, dan kemenpan-RB. Aspek yang dievaluasi diantaranya aspek keuangan daerah, kepegawaian, penyelenggaraan urusan pemerintahan, dan perkembangan perekonomian.

JAKARTA -- Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) akan memberikan penghargaan kepada kepala daerah yang masuk peringkat 10 besar hasil Evaluasi Kinerja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News