Belum Pernah Melatih Tim Divisi Primera, Inilah Pelatih Anyar Spanyol

Belum Pernah Melatih Tim Divisi Primera, Inilah Pelatih Anyar Spanyol
Julenm Lopetegui, pelatih anyar timnas Spanyol. FOTO: www.sefutbol.com

jpnn.com - SPANYOL - Keputusan mengejutkan diambil oleh RFEF (Asosiasi Sepak Bola Spanyol) lantaran memilih Julen Lopetegui sebagai pelatih anyar timnas Spanyol meneruskan tongkat estafet dari Vicente del Bosque. Dia bukanlah pelatih bernama besar. Dia juga belum pernah menukangi tim di Divisi Primera. 

RFEF sepertinya keluar dari kebiasaan. Sebelumnya mereka kerap menunjuk pelatih dengan nama besar dan sudah malang melintang di Divisi Primera sebagai arsitek La Furia Roja. 

Del Bosque sebelumnya mengantarkan Real Madrid bergelimang gelar juara. Luis Aragones pernah menukangi Sevilla, Valencia, dan Atletico Madrid. Inaki Saez merupakan pelatih legendaris Athletic Bilbao. Dan, pelatih-pelatih La Furia Roja sebelumnya pernah berkiprah di Divisi Primera. 

Publik sempat mengira RFEF akan menunjuk Joaquin Caparros atau Paco Jemez sebagai pengganti Del Bosque. Maklum saja, keduanya punya pengalaman melatih segudang di Divisi Primera. 

Akan tetapi, perkiraan itu meleset. Justru Lopetegui yang dipercaya menukangi La Furia Roja. Padahal dia belum pernah melatih tim di Divisi Primera. 

OFICIAL | Julen Lopetegui (@julenlopetegui), nuevo seleccionador absoluto español https://t.co/tCpek9TBr1

— RFEF (@rfef) July 21, 2016

Meski begitu, tentunya RFEF memiliki pertimbangan lain. Pengalaman Lopetegui menukangi timnas Spanyol di level junior menjadi kredit poin tersendiri. Maklum saja, dia mampu membawa timnas U-19 Spanyol menjuarai Euro U-19 2012 dan mengantarkan timnas U-21 Spanyol merengkuh trofi Euro U-21 2013. 

Dua trofi Euro di level junior berbeda secara beruntun tersebut membuat RFEF terkesima. Mereka sepertinya berharap ada regenerasi pemain di skuat La Furia Roja. Lopetegui yang kenyang melatih di level junior diharapkan bisa mewujudkan keinginan RFEF tersebut. 

SPANYOL - Keputusan mengejutkan diambil oleh RFEF (Asosiasi Sepak Bola Spanyol) lantaran memilih Julen Lopetegui sebagai pelatih anyar timnas Spanyol

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News