Benarkah Sering Naik Pesawat Bisa Tingkatkan Risiko Wajah Jerawatan?

Benarkah Sering Naik Pesawat Bisa Tingkatkan Risiko Wajah Jerawatan?
Ilustrasi logo jerawat. Foto: Antara

jpnn.com - Penyebab jerawat tidak hanya hormon, tapi juga oleh berbagai faktor lain dari luar tubuh. Salah satunya adalah sering bepergian menggunakan pesawat, terlebih pada long flight. Lho, kok bisa?

Menjaga kebersihan wajah bisa menyebabkan tersumbatnya pori-pori.

Hal yang sama terjadi pada airplane acne atau kondisi kulit wajah berjerawat yang muncul pada seseorang yang sering bepergian menggunakan pesawat.

Berdasarkan penelitian, meskipun terlihat bersih, kabin pesawat termasuk tempat yang mengandung banyak bakteri. Apalagi meja makan yang berada di depan tempat duduk penumpang. Oleh karena itu, risiko timbulnya jerawat dan infeksi bakteri lebih tinggi.

Selain itu, kondisi kelembapan udara di dalam kabin pesawat sangatlah rendah. Hanya sekitar 20% dari kelembapan udara normal. Pada kondisi ini, kulit akan dipicu untuk memproduksi sebasea atau minyak lebih tinggi untuk menjaga kelembapan kulit.

Pada kondisi kulit yang kering, produksi lemak berlebih dapat tertahan di bawah permukaan kulit sehingga memicu timbulnya jerawat. Adapun pada kondisi kulit berminyak, produksi minyak akan semakin banyak.

Nah ini menjadi tempat yang ideal untuk pertumbuhan bakteri dan meningkatkan risiko timbulnya jerawat.

Risiko jerawat memang meningkat saat sering bepergian dengan pesawat. Untuk menghindari efek naik pesawat ini, jagalah kebersihan dan kelembapan wajah. Jaga juga kebersihan tangan Anda yang kerap kali menyentuh wajah.(klikdokter)

Hal yang sama terjadi pada airplane acne atau kondisi kulit wajah berjerawat yang muncul pada seseorang yang sering bepergian menggunakan pesawat.


Redaktur & Reporter : Yessy

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News