Berapa Besaran Zakat Fitrah dengan Uang? Ini Penjelasan Baznas

Berapa Besaran Zakat Fitrah dengan Uang? Ini Penjelasan Baznas
Berapa besaran zakat fitrah dengan uang? Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional alias Baznas Pusat menetapkan besaran zakat fitrah dengan uang adalah Rp 40 ribu per orang.

Informasi penetapan besaran zakat fitrah dengan uang itu disampaikan oleh Direktur Utama Baznas Arifin Purwakananta setelah melakukan kerja sama dengan platform dompet digital Dana di Jakarta, Rabu (15/5).

Kerja sama itu dilakukan untuk memudahkan masyarakat membayar zakat atau infak. ’’Sekarang dan ke depannya, trend pembayaran sudah cashless,’’ katanya.

Arifin menjelaskan, dengan penetapan besaran uang zakat fitrah tersebut, diharapkan bisa menjadi panduan masyarakat. Termasuk menggunakan uang digital melalui sejumlah platform yang telah bekerja sama dengan Baznas.

Dia mengatakan bahwa besaran zakat fitrah Rp 40 ribu itu per orang. Jadi misalnya dalam keluarga ada empat anggota keluarga, maka yang dibayarkan adalah Rp 160 ribu.

Arifin mengatakan, Baznas akan memanfaatkan uang tersebut untuk membeli beras dari para petani binaan. ’’Sehingga memenuhi aspek pemberdayaan juga,’’ katanya.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Serahkan Zakatnya Lewat Baznas, Nih Nominalnya

Arifin berharap bulan Ramadan ini semakin banyak masyarakat yang membayar zakat fitrah ke Baznas. Dengan begitu, mereka bisa semakin memberdayakan petani padi binaan. Dalam jangka panjang bisa mempercepat pembangunan serta mengatasi masalah kemiskinan.

Penetapan besaran zakat fitrah dengan uang itu disampaikan oleh Direktur Utama Baznas Arifin Purwakananta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News