Berdalih Jatah Pengamanan, Oknum Ormas Peras Warga

Berdalih Jatah Pengamanan, Oknum Ormas Peras Warga
Berdalih Jatah Pengamanan, Oknum Ormas Peras Warga

jpnn.com - JAKARTA – Jajaran Subdit Resmob Ditreskrim Polda Metro Jaya Sabtu  (11/1) berhasil menangkap empat pelaku yang diduga kerap memeras warga dengan dalih untuk uang pengamanan. 

Keempatnya, U bin MS, AS, AK, ZA, diduga kerap memeras dengan mengaku sebagai anggota salah satu organisasi kemasyarakatan. Namun tiga rekan mereka lainnya P, F dan A masih buron.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Rikwanto menjelaskan ihwal pengungkapan kasus ini bermula dari laporan salah seorang staf pengawas Suku Dinas Pekerjaan Umum Tata Air Jakarta Pusat Makmur bin Muhammad.

Menurut Rikwanto pada Sabtu (11/1) sekitar pukul 8.30, Makmur saat memantau pekerja yang tengah memerbaiki saluran air di kawasan Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat. didatangi lima orang yang mengaku dari salah satu ormas.

Mereka, kata  Rikwanto, meminta uang  Rp 500 ribu agar proyek perbaikan saluran air itu tidak diganggu. Namun, Makmur tak terima dengan perbuatan pelaku. 

Makmur langsung melapor ke Polda Metro Jaya. Polisi langsung melakukan penyelidikan dan menangkap pelaku. “Empat berhasil ditangkap, tiga orang lainnya DPO (daftar pencarian orang),” kata Rikwanto di Mapolda Metro Jaya, Rabu (29/1).

Polisi pun tak percaya begitu saja jika para pelaku ini baru pertama kali melakukan perbuatannya. 

Pengembangan pun dilakukan. Menurut Kepala Sub Dit Reserse Mobil Polda Metro Jaya AKBP Adex Yudiswan, dari pemeriksaan dan barang bukti yang ditemukan diketahui bahwa para pelaku ini kerap memeras di kawasan Jalan Raden Saleh. 

JAKARTA – Jajaran Subdit Resmob Ditreskrim Polda Metro Jaya Sabtu  (11/1) berhasil menangkap empat pelaku yang diduga kerap memeras warga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News