Berhati-hatilah Dengan Situs Portal Warga Australia yang Palsu

Berhati-hatilah Dengan Situs Portal Warga Australia yang Palsu
Berhati-hatilah Dengan Situs Portal Warga Australia yang Palsu

Peretas telah berhasil mengkloning situs myGov, yang jadi portal warga Australia untuk mendapatkan pelayanan publik. Mereka juga menjebak korban dengan surat elektronik yang mengaku dari Medicare dan meminta korban memperbaharui informasi perbankan mereka.

Peringatan atas penipuan dikeluarkan pihak berwenang, hari Rabu (5/07) melalui situs Stay Smart Online.

Penipuan dimulai dengan surel yang desain dan warnanya sama dengan surel dari Medicare. Mereka meminta korban untuk "memperbarui pembayaran Transfer Dana Elektronik (EFT)".

Jika Anda mengklik tautan di surel tersebut, maka Anda akan dibawa ke situs palsu myGov.

Alamat situs sebenarnya adalah my.gov.au.

Situs ini menghubungkan berbagai layanan pemerintah Australia bagi warganya, seperti asurasi Medicare, Centrelink, dan Kantor Pajak Australia, lewat satu portal.

Berhati-hatilah Dengan Situs Portal Warga Australia yang Palsu Photo: Situs kloning nyaris identik dengan situs aslinya, hanya saja alamat URL yang berbeda jauh. (Foto: Stay Smart Online)

"Setelah memasukkan rincian login, kemudian diminta memasukkan pertanyaan dan jawaban untuk menjaga keamanan kerahasiaan, sebelum masuk ke situs web Medicare palsu untuk memasukkan rincian rekening bank Anda," peringatan Stay Safe Online berbunyi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News