Beri Bantuan Alsintan, Kementan Dorong Jembrana Tingkatkan Produksi Pertanian

Beri Bantuan Alsintan, Kementan Dorong Jembrana Tingkatkan Produksi Pertanian
Dirjen PSP Kementan Sarwo Edhy. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, JEMBRANA - Guna meningkatkan produktivitas dan produksi pertanian khususnya tanaman padi, jagung, dan kedelai, Pemerintah Kabupaten Jembrana didukung Kementerian Pertanian (Kementan) terus membantu petani melalui ketersediaan alat mesin pertanian (Alsintan).

Bantuan yang diserahkan sebanyak 42 unit bersumber dari APBN. Di antaranya 1 unit combine harvester, 23 unit power thresher, 8 corn sheller, 4 unit traktor, 3 unit cultivator, dan 3 unit pompa air. 

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Sarwo Edhy mengatakan, bantuan alsintan itu diharapkan mampu mengakslerasi proses aktivitas prapanen dan pascapanen. Terutama saat turun tanam dan panen raya.

BACA JUGA: Kementan Terus Sosialisasikan Peluang Pendanaan untuk Petani

“Bantuan ini juga diharapkan mampu mengatasi permasalahan keterlambatan proses dari hulu hingga hilir sektor pertanian Jembrana," ujar Sarwo Edhy, Minggu (25/8).

Menurutnya, permasalah dalam pertanian saat ini cukup kompleks dengan berkurangnya lahan pertanian, iklim/cuaca, hama pengganggu, debit air irigasi yang makin berkurang, tingginya biaya usaha tani serta makin minimnya minat generasi muda menekuni pertanian.

"Kendala itu coba diatasi dengan berbagai terobosan melalui bantuan benih unggul, subsidi pupuk, alsintan, sarana prasarana, irigasi sampai pendampingan dan asurasi usaha tani padi," terang Sarwo Edhy.

Bupati Jembrana I Putu Artha menekankan, pertanian ke depan mesti berbasis pada penerapan teknologi. Salah satunya melalui penggunaan Alsintan guna meningkatkan hasil yang diperoleh.

Guna meningkatkan produktivitas dan produksi pertanian khususnya tanaman padi, jagung, dan kedelai, Pemerintah Kabupaten Jembrana didukung Kementerian Pertanian (Kementan) terus membantu petani melalui ketersediaan alat mesin pertanian (Alsintan).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News