Berimajinasi Seperti Alice in Wonderland di Jawatan Benculuk

Selasa, 05 Desember 2017 – 17:35 WIB
Berimajinasi Seperti Alice in Wonderland di Jawatan Benculuk - JPNN.com

jpnn.com, BANYUWANGI - Anda penyuka cerita dongeng? Atau penggemar film imajinasi seperti Alice in Wonderland?

Kalau iya, Anda bisa menyaksikan secara nyata hutan dalam dunia imajinasi Alice dengan mendatangi Jawatan Benculuk di daerah Banyuwangi, Jawa Timur.

Jawatan Benculuk merupakan hutan dengan pohon-pohon besar yang memiliki bentuk unik. Sehingga terlihat seperti pohon-pohon magis yang ada di dalam cerita negeri dongeng. Jika diperhatikan, Jawatan Benculuk memang terlihat mirip dengan hutan yang ada di dalam cerita Alice in Wonderland. 

Mulai dari jalanannya, hingga pohon-pohon raksasa yang menjulang tinggi hingga lebih dari 10 meter sehingga terlihat seperti pohon raksasa yang seolah-olah bisa bergerak kapan saja.

"Tak hanya mirip dengan hutan di Alice in Wonderland, Jawatan Benculuk juga mirip dengan hutan di film Lord of The Ring, Snow White and The Hutsman, dan juga Malificient yang diadopsi dari cerita Snow White," papar Kepala Dinas Pariwisata Banyuwangi MY Bramuda, Minggu (3/12).

Jika dibandingkan dengan hutan-hutan rindang lainnya yang ada di Indonesia, Jawatan Benculuk ini tergolong dalam kategori hutan kecil karena hanya memiliki luas sekitar 3,8 hektar, sementara hutan lainnya bisa lebih dari 10 hektar. 

Hutan milik Perhutani Banyuwangi ini memiliki puluhan jenis pohon serta tanaman, mulai dari pohon jati, pohon salak, pohon kelengkeng, pohon santinet, dan menjadi sorotan favorit para wisatawan adalah pohon trembesi raksasa yang bagian atasnya memiliki cabang yang menjular secara acak.

"Pohon trembesi merupakan jenis pohon peneduh yang menghasilkan banyak sekali oksigen. Pohon-pohon inilah yang membuat suasana di hutan ini sangat sejuk dan menyehatkan," jelas pria yang akrab disapa Bram ini.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...