Bermain Gim Dianggap Bikin Lebih Rileks dari Cara Lain

Bermain Gim Dianggap Bikin Lebih Rileks dari Cara Lain
Ilustrasi bermain gim. Foto: pixabay/JPNN.com

jpnn.com - Popularitas permainan gim dan eSports di kalangan masyarakat tidak dapat dipisahkan dari fungsi gim sendiri sebagai instrumen hiburan.

Menurut hasil penelitan oleh University of Central Florida, bermain gim mampu membuat seseorang menjadi lebih rileks dibandingkan kegiatan relaksasi lainnya, seperti meditasi ataupun bersantai dan minum kopi.

Lebih jauh lagi, gim kini telah menjadi sumber hiburan terdepan mengalahkan televisi, film, atau buku.

Sementara itu, menurut laporan Reuters pada Juli 2018, industri gaming telah bertumbuh sebesar 10,7 persen dalam setahun terakhir dengan total pendapatan mencapai USD 116 milliar, sedangkan industri televisi mengalami penurunan sebesar delapan persen secara global, dengan pendapatan sebesar USD 105 milliar.

Popularitas gim sebagai wadah entertainment dan gaya hidup mampu menarik perhatian kalangan selebriti. Tidak hanya game streamer yang kini mulai dikenal oleh kalangan awam seperti Tyler “Ninja” Blevins di AS atau Justin “Jess No Limit” di Indonesia.

Tetapi figur publik seperti pesepakbola Inggris dari klub Tottenham Hotspurs, Dele Alli, dan Disc Jockey dari Amerika Serikat, ‘DeadMau5’, kini juga mulai aktif bermain video gim.

Di Indonesia, salah satu selebriti yang turut aktif menggeluti dunia gaming adalah penyanyi - finalis Indonesian Idol, Brisia Jodie.

“Aku pertama kali aktif main gim dari kelas 4 SD, mainnya Ragnarok Online sama gim-gim PS (PlayStation)”, terang perempuan kelahiran tahun 1996 ini.

Popularitas permainan gim dan eSports di kalangan masyarakat tidak dapat dipisahkan dari fungsi gim sendiri sebagai instrumen hiburan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News