Berpelukan, Prabowo Subianto Berterima Kasih, Surya Paloh Bersyukur

Berpelukan, Prabowo Subianto Berterima Kasih, Surya Paloh Bersyukur
Prabowo Subianto dan Surya Paloh. Foto: Antara/Dhemas Reviyanto/wsj.

jpnn.com, JAKARTA - Pertemuan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan pucuk pimpinan Partai NasDem Surya Paloh di Jakarta, Minggu (13/10) malam menghasilkan tiga kesepakatan, semuanya soal kebangsaan.

Kesepakatan itu dibacakan Sekjen NasDem Johnny G Plate seusai pertemuan. Tiga kesepakatan tersebut ialah, pertama, pemimpin partai politik sepakat untuk memperbaiki citra parpol dengan meletakkan kepentingan nasional di atas kepentingan lain, dan menjadikan persatuan nasional sebagai orientasi perjuangan serta menjaga keutuhan bangsa.

Kedua, pemimpin parpol sepakat untuk melakukan segala hal yang dianggap perlu untuk mencegah dan melawan segala tindakan radikalisme berdasar paham apapun yang bisa merongrong ideologi Pancasila dan konsensus dasar kebangsaan. Ketiga, pemimpin partai politik sepakat bahwa amendemen UUD 1945 sebaiknya bersifat menyeluruh, yang menyangkut kebutuhan tata kelola negara sehubungan dengan tantangan kekinian dan masa depan kehidupan bangsa yang lebih baik.

Prabowo sendiri mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Surya Paloh atas undangan silaturahmi kebangsaan itu. Pria kelahiran Jakarta berusia 67 tahun itu menyebut Surya Paloh adalah sahabat lamanya dari kecil. Dia juga menghormati kehadiran seniornya Ketua Dewan Pembina NasDem Siswono Yudo Husodo dalam pertemuan itu.

"Kami ini hubungan sudah lama, bersahabat. Kadang-kadang juga berbeda. Kadang-kadang berseberangan. Namun, dalam suasana cinta tanah air, kami itu satu," kata Prabowo.

Dia menekankan Gerindra dan NasDem sama-sama mencintai bangsa Indonesia. Dia mengaku dalam pertemuan itu menemukan titik persamaan yang baik. "Kami tidak ingin Indonesia rusak, kami tidak ingin negara kita terpecah belah, dan kami sepakat menjaga keutuhan dan kesatuan nasional, menempatkan kepentingan nasional di atas segala kepentingan," kata Prabowo.

Sementara Surya Paloh menyampaikan bahwa dirinya dan Prabowo menghendaki Indonesia maju. Paloh mengatakan persahabatannya dengan Prabowo menjadi modal besar untuk membangun kehidupan kebangsaan.

"Jadi betapa saya harus bersyukur dan terima kasih, Mas Prabowo datang ke rumah sebagai sahabat, ketua umum Gerindra, jadi pasti banyak bercandanya. Itu pasti," kata Paloh. (antara/jpnn)

Pertemuan Prabowo Subianto dan Surya Paloh Minggu (13/10) malam menghasilkan tiga kesepakatan.


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News