Bersinergi dengan KSOP dan Polairud, Bea Cukai Jaga Perairan Indonesia

Bersinergi dengan KSOP dan Polairud, Bea Cukai Jaga Perairan Indonesia
Bea Cukai membangun sinergi dengan KSOP dan Polairud di beberapa daerah untuk menjaga perairan Indonesia. Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Untuk menjaga perairan Indonesia, Bea Cukai berkoordinasi dengan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Ambon serta Kepolisian Perairan dan Udara (Polairud) Batam dan Belawan.

“Bea Cukai berkoordinasi dengan Kepala KSOP Kelas I Ambon dan Polairud Wilayah Kepulauan Riau dan Belawan untuk melakukan patroli laut gabungan,” ujar Hatta Wardhana, Kasubdit Humas dan Penyuluhan Bea Cukai.

Dia menyampaikan, operasi patroli laut gabungan dilaksanakan bersama aparat penegak hukum lain untuk mengawasi dan menjamin terpenuhinya hak negara di bidang kepabeanan dan cukai di wilayah perairan.

Pelaksanaan tugas pengawasan diharapkan lebih efektif dan memberikan dampak positif dalam mencapai tujuan organisasi di setiap unit.

“Koordinasi ini fokus terhadap isu tertentu di sejumlah wilayah," ungkap Hatta.

Di wilayah Belawan, pihaknya berfokus pada pengawasan minyak goreng, CPO (crude palm oil) dan turunannya, serta atensi terhadap ekspor dan impor hewan ternak karena merebaknya penyakit mulut dan kuku (PMK).

"Sementara itu, di wilayah Batam dan Ambon, pihaknya berfokus terhadap pengawasan di wilayah perairan Kepulauan Riau dan Ambon,” terang Hatta.

Hatta juga menegaskan, sinergi dengan instansi penegak hukum lainnya merupakan komitmen Bea Cukai dalam rangka mengamankan hak-hak negara dan melindungi masyarakat.

Bea Cukai menjalin sinergi dengan KSOP dan Polairud untuk menjaga perairan Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News