Bertemu Komisioner LPS, Bamsoet Sebut Simpan Uang di Bank Aman

Bertemu Komisioner LPS, Bamsoet Sebut Simpan Uang di Bank Aman
Ketua MPR RI Bamsoet saat menerima kunjungan Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Purbaya Yudhi Sadewa, di Jakarta, Kamis (14/10). Foto: dok MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menekankan agar masyarakat tidak perlu khawatir menyimpan uang di bank konvensional atau syariah yang beroperasi di seluruh Indonesia.

Sebab, kata Bamsoet-panggilan akrab Bambang Soesatyo- ada lembaga penjamin simpanan (LPS) yang menjamin simpanan nasabah berbentuk tabungan, deposito, giro, sertifikat deposito, wadiah, mudharabah, dan mudharabah

"Jadi, masyarakat tidak perlu khawatir menabung di bank. Selain dijamin keamanannya, tabungan masyarakat di bank juga bisa digunakan oleh bank untuk membiayai berbagai proyek pembangunan nasional bagi kemajuan bangsa," ujar Bamsoet usai menerima Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Purbaya Yudhi Sadewa, di Jakarta, Kamis (14/10).

Bamsoet menambahkan nilai simpanan yang dijamin LPS paling tinggi sebesar Rp 2 miliar per nasabah per bank sejak 13 Oktober 2008 lalu.

Apabila seorang nasabah mempunyai beberapa rekening simpanan pada satu bank, maka untuk menghitung simpanan yang dijamin, saldo seluruh rekening tersebut dijumlahkan.

Dalam pertemuan itu turut hadir LPS lainnya, antara lain Anggota Dewan Komisioner merangkap Kepala Eksekutif Lana Soelistianingsih, Direktur Eksekutif Keuangan Ferdinand D. Purba, Direktur Eksekutif Klaim, Resolusi Bank Suwandi, dan Direktur Eksekutif Sumber Daya Manusia dan Administrasi Didik Prakoso.

Ketua DPR RI ke-20 itu menjelaskan, Juli 2021, LPS mencatat kenaikan jumlah rekening simpanan nasabah mencapai 12,6 persen atau naik sebanyak 40.251.228 rekening year-on-year (yoy) menjadi 359.949.911 rekening.

Data itu berdasarkan distribusi simpanan per Juli 2021 pada 107 bank umum yang terdiri dari 95 bank umum konvensional dan 12 bank umum syariah.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menekankan agar masyarakat tidak perlu khawatir menyimpan uang di bank konvensional atau syariah yang beroperasi di seluruh Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News