JPNN.com

Besok, Jadwal Pelunasan Ongkos Haji Diumumkan

Minggu, 01 Agustus 2010 – 20:58 WIB Besok, Jadwal Pelunasan Ongkos Haji Diumumkan - JPNN.com
JAKARTA – Kementerian Agama selaku penyelenggara ibadah haji Indonesia telah merampungkan tugas awalnya. Pemondokan jemaah di tanah suci Mekah dan Madinah sudah beres. Selanjutnya, rencananya pada Senin (2/8) jadwal pelunasan ongkos naik haji ke tanah suci akan diumumkan. Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sudah meneken Perpres besaran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 1431 H/2010 M, yaitu senilai US 3.342 dolar.

“Alhamdulillah, persiapan pemondokan di Mekah dan Madinah semuanya sudah selesai. Insyaallah, Senin, 2 Agustus 2010, jam 12 siang jadwal pelunasan BPIH kami umumkan. Nanti, pelunasan berdasar nomor porsi yang sudah terdaftar,” kata Sekretaris Direktorat Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah (Sisditjen PHU), Kementerian Agama, Abdul Ghafur Djawahir, kepada JPNN, Minggu (1/8).

Jadwal pelunasan ongkos naik haji itu diatur dalam Peraturan Menteri Agama Suryadharma Ali. “Aturan itu menyangkut tanggal dimulainya pelunasan dan masa berakhir pelunasan. Kalau sampai batas akhir masih ada yang belum melunasi, maka nomor porsi berikutnya akan naik. Tapi, diupayakan nomor porsi yang tertera lebih dulu yang melunasi. Karena waiting list kita sudah sangat banyak, hingga lima tahun ke depan,” ujarnya.

Dalam Permen itu, juga diatur batas akhir bagi ONH Plus. Ongkos haji bagi jemaah khusus itu senilai 6.500 dolar AS. Untuk besaran BPIH haji biasa musim ini yang besarannya 3.342 dolar AS, sebenarnya sudah diturunkan sekitar 80 dolar AS dari biaya tahun lalu.

Soal pemondokan, jemaah musim ini dimungkinkan lebih pendek jarak berjalan kaki dari pemondokan ke baitullah. Sekitar 63 persen jemaah calon haji Indonesia atau sekitar 194 orang dari 211 ribu jemaah berada di ring I, jarak terjauh 2 kilometer di Mekah dan 600 meter di Madinah. Sisanya, berada di ring II, terjauh berjarak 4 kilometer. “Kita bersyukur, musim ini tidak adalagi jemaah yang tinggal di pemondokan ring III, atau jarak terjauh 7 kilometer. Sisa jemaah berada di ring II,” kata Ghafur. (gus/jpnn) 

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...