Besok, Pendaftaran Kampus Mengajar Angkatan 4 Dibuka

Besok, Pendaftaran Kampus Mengajar Angkatan 4 Dibuka
Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Wikan Sakarinto. Foto tangkapan layar zoom

jpnn.com, JAKARTA - Pendaftaran program Kampus Mengajar Angkatan 4 dibuka, Rabu, 25 Mei. Program ini adalah bagian dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) untuk memperkaya kompetensi mahasiswa.

Dalam program ini, Mahasiswa diberikan kesempatan belajar di luar kelas dengan memberikan asistensi kepada guru dan tenaga kependidikan di tingkat pendidikan dasar. 

“Program ini mengajak mahasiswa untuk berkontribusi meningkatkan kualitas pembelajaran di tingkat pendidikan dasar selama satu semester,” ungkap Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek, Wikan Sakarinto, Selasa (24/5).

Sama seperti angkatan sebelumnya, program Kampus Mengajar Angkatan 4 juga membuka kesempatan partisipasi bagi mahasiswa yang berasal dari perguruan tinggi vokasi di samping mahasiswa dari perguruan tinggi akademik.

Menurut Dirjen Wikan, Program Kampus Mengajar bisa menjadi wadah yang baik untuk mengasah keterampilan nonteknis (soft skills), kepemimpinan, serta karakter mahasiswa vokasi.

“Selama masa penugasan mahasiswa akan banyak menghadapi tantangan riil, akan banyak menghadapi ketidakpastian yang akan melatih jiwa kepemimpinan, kreativitas, inovasi, penyelesaian masalah, komunikasi, serta manajemen tim,” terangnya.

Dalam program ini, mahasiswa akan diterjunkan ke sekolah selama satu semester, dan kemudian akan dilakukan rekognisi atau pengakuan hasil belajar sebesar 20 satuan kredit semester (SKS). 

Wikan  berharap kepada pimpinan perguruan tinggi serta para dosen bisa memberikan dukungan untuk menyukseskan program Kampus Mengajar Angkatan 4.

Pendaftaran Kampus Mengajar angkatan 4 Dibuka mulai besok. Kemendikbudristek mengajak mahasiswa mendaftar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News