BI Rate Ditahan di 5,75 Persen

BI Rate Ditahan di 5,75 Persen
BI Rate Ditahan di 5,75 Persen
JAKARTA – Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (BI) akhirnya memutuskan untuk tetap mempertahankan suku bunga acuan (BI rate) pada level 5,75 persen. BI rate ini masih konsisten dengan tekanan inflasi dari sisi fundamental ekonomi ke depan yang diperkirakan masih relatif terkendali.

“BI mempertahankan BI rate sebesar 5,75 persen melihat tekanan inflasi ke depan diperkirakan terkendali, sebagaimana tercermin dari kenaikan harga hasil survei pemantauan harga (SPH) BI sampai dengan minggu ke-2 Mei relatif rendah dari pola historisnya,” ujar Gubernur BI Darmin Nasution dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (10/5).

Ekspektasi inflasi, sambungnya, dinilai masih relatif tinggi dan nilai tukar rupiah cenderung melemah sebagai akibat ketidakpastian perekonomian global. Namun, yang dilakukan BI untuk mengantisipasi hal tersebut akan menaikan suku bunga instrumen operasi moneter dan melanjutkan upaya penyerapan kelebihan likuiditas rupiah untuk mengendalikan tekanan inflasi jangka pendek serta mendukung stabilisasi nilai tukar rupiah.

“Struktur suku bunga jangka menengah-panjang diperkirakan juga akan meningkat sehingga dapat mendorong daya tarik investasi pada sekuritas domestik,” imbuhnya.

JAKARTA – Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (BI) akhirnya memutuskan untuk tetap mempertahankan suku bunga acuan (BI rate) pada level 5,75

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News