Biayai Hutan Kota, Kemenhut Siapkan Rp10 Miliar

Biayai Hutan Kota, Kemenhut Siapkan Rp10 Miliar
Biayai Hutan Kota, Kemenhut Siapkan Rp10 Miliar
JAKARTA- Kementerian Kehutanan (Kemenhut) menyiapkan anggaran Rp10 miliar untuk membiayai pembangunan hutan kota di Indonesia. Karena anggarannya kecil, menurut Dirjen Rehabilitasi Lahan dan Perhutanan Sosial (RLPS) Kemenhut Indriastuti, baru direalisasikan untuk 25 provinsi dan 54 kabupaten/kota.

Salah satu provinsi yang jadi sasaran pemerintah untuk hutan kota ini adalah Nangroe Aceh Darusalam. Luas lahan untuk pembangunan hutan kotanya sekitar 2 ribu hektare.

"Tapi ini bukan harga mati. Bagi daerah yang siap menyediakan lahan untuk hutan kota, akan kita fasilitasi," kata Indriastuti dalam RDP dengan Komisi IV DPR RI, Selasa (18/5).

Pembuatan hutan kota, jelasnya, merupakan amanat PP 63 Tahun 2002. Di mana pemerintah daerah dalam hal ini bupati/walikota harus menentukan lokasi untuk hutan kota. Ketentuannya, 10 persen dari luas wilayahnya (minimal 1/4 hektare) harus dijadikan hutan kota. Ini untuk memenuhi unsur estetika, keindahan, mengurangi pencemaran udara, kebisingan, dan lain-lain.

JAKARTA- Kementerian Kehutanan (Kemenhut) menyiapkan anggaran Rp10 miliar untuk membiayai pembangunan hutan kota di Indonesia. Karena anggarannya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News