Biden Ungkap Kebohongan Media China soal Pertemuannya dengan Xi Jinping

Rabu, 15 September 2021 – 16:35 WIB
Biden Ungkap Kebohongan Media China soal Pertemuannya dengan Xi Jinping
Presiden AS Joe Biden (kiri). Foto: ANTARA /REUTERS/Kevin Lamarque/rwa.

jpnn.com, WASHINGTON DC - Upaya terbaru media China membuat Presiden Xi Jinping terkesan tegas terhadap Amerika Serikat telah gagal total. 

Presiden Amerika Serikat Joe Biden membantah pemberitaan yang menyebutkan Presiden China Xi Jinping telah menolak ajakannya untuk lakukan pertemuan tatap muka.

Financial Times yang mengutip beberapa sumber menyebut Xi tidak menerima tawaran Biden dan sebaliknya bersikeras bahwa Washington harus mengadopsi kebijakan yang tidak terlalu keras terhadap Beijing.

"Itu tidak benar," kata Biden ketika ditanya wartawan apakah dia kecewa karena Xi tidak mau bertemu dengannya, Selasa (14/9).

Penasihat keamanan nasional Biden, Jake Sullivan, mengatakan dalam sebuah pernyataan sebelumnya bahwa laporan itu bukan penggambaran yang akurat dari panggilan tersebut. 

Seorang sumber yang termasuk di antara mereka yang diberi pengarahan dalam panggilan itu mengonfirmasi bahwa laporan itu akurat.

"Xi tampaknya mengisyaratkan bahwa nada dan suasana hubungan perlu ditingkatkan terlebih dahulu," kata sumber itu kepada Reuters.

Kedutaan China di Washington tidak segera menanggapi ketika dimintai komentar.

Sumber Antara

SPONSORED CONTENT

loading...