Biotek Farmasi & Perkeni Dorong Dialance Jadi Solusi untuk Penderita Diabetes

Biotek Farmasi & Perkeni Dorong Dialance Jadi Solusi untuk Penderita Diabetes
Ketua tim peneliti site Jakarta Dr. dr Fatimah Eliana Sp.PD-KEMD berharap obat Dialance ini bisa digunakan sebagai salah satu pilihan obat diabetes melitus di Indonesia. Foto: Dok Biotek Farmasi

jpnn.com, JAKARTA - Data International Diabetes Federation (IDF) mencatat penderita diabetes di Indonesia pada 2021 mencapai 19,47 juta serta diperkirakan mencapai 28,57 juta pada 2045.

Melihat hal itu, PT Biotek Farmasi Indonesia turut memberikan solusi komprehensif melalui produknya, yakni Dialance.

Produk ciptaan anak bangsa Indonesia tersebut merupakan hepato regulator yang berfungsi meregulasi fungsi hepar (hati). Produk ini membantu para penderita diabetes mengatasi permasalahannya.

Chairman Biotek Farmasi Indonesia Toni Lay mengatakan saat ini Dialance memasuki tahap uji klinis. Uji klinis dimulai sejak Rabu (31/5).

Adapun penelitian terhadap produk Dialance dilakukan di dua kota yaitu Jakarta di rumah sakit (RS) Mitra Kemayoran dan 3 RS di Bali yaitu RSU Bali Jimbaran, RS Balimed Denpasar, RSU Dharma Yadnya Denpasar.

PT Biotek Farmasi Indonesia bekerja sama dengan Ketua Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (Perkeni) Prof Dr dr Ketut Suastika, SpPD-KEMD sebagai lead investigator uji klinis di Bali dan dibantu oleh dr. Siswadi Semadi, Sp.PD-KEMD, dr I Made Pande Dwipayana, Sp.PD-KEMD dan dr Ida Bagus Aditya Nugraha, S.PD.

Kemudian, dr Fatimah Eliana, SpPD-KEMD untuk site uji klinis di Jakarta.

Uji klinis terhadap produk tersebut pun sudah mendapatkan persetujuan dari Komite Etik Fakultas Kedokteran (FK) Udayana Bali dengan disupervisi oleh FK Universitas Indonesia (UI) yang dipimpin oleh Prof. dr. Frans D. Suyatna, PhD, SpFK.

Data IDF mencatat penderita diabetes di Indonesia pada 2021 mencapai 19,47 juta serta diperkirakan mencapai 28,57 juta pada 2045

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News