Bisa Sebabkan Iritasi kulit, Ini 4 Kesalahan Mencuci Wajah

Bisa Sebabkan Iritasi kulit, Ini 4 Kesalahan Mencuci Wajah
Membersihkan wajah dengan toner. Foto: Today Show

jpnn.com - Mencuci wajah selain untuk membersihkan juga memperbaiki kulit. Pembersih wajah bisa menentukan apakah kulit Anda bisa terhidrasi dengan baik atau justru memunculkan berjerawat. Sehingga jika tidak dilakukan dengan benar, mencuci wajah justru bisa menghancurkan kulit.

Untuk itu, Anda perlu tahu apa saja yang seharusnya tak dilakukan saat mencuci muka. Di bawah ini, beberapa kesalahan saat mencuci muka yang paling umum seperti dilansir dari Elle, Jumat (1/3).

1. Mencuci wajah dengan kandungan yang keras

Menggunakan pembersih dengan bahan-bahan yang menghilangkan minyak alami akan memengaruhi sifat penghalang kulit. Hindari pembersih gel karena dapat mengeringkan kulit Anda jika menggunakannya beberapa kali sehari. Sebagai gantinya, pilihlah tekstur yang creamy atau seperti lotion. Gunakan pembersih yang kandungannya diformulasikan dengan benar agar membantu mempertahankan dan menyeimbangkan kelembapan kulit Anda. 

2. Terlalu sering mencuci muka

Membersih muka saat kotor memang wajib dilakukan, tapi jangan terlalu sering. Risiko terbesarnya adalah Anda bisa mengikis minyak alami dari kulit Anda. Pakai pembersih wajah yang mengandung bahan-bahan yang melembapkan. Seperti mengandung gliserin serta shea butter, ekstrak biji anggur, dan air. 

3. Pembersih mengandung parfum

Jika kulit Anda terus-menerus kering dan berubah menjadi merah mungkin inilah saatnya untuk beralih ke pembersih yang khusus diformulasikan untuk kulit sensitif. Usahakan untuk memakai produk pembersih yang tidak mengandung parfum.

Pembersih wajah bisa menentukan apakah kulit Anda bisa terhidrasi dengan baik atau justru memunculkan berjerawat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News