Bisul Bisa Sembuh dengan Bawang Putih, Mitos atau Fakta?

Bisul Bisa Sembuh dengan Bawang Putih, Mitos atau Fakta?
Bawang putih. Foto IST

jpnn.com - Bisul merupakan infeksi bakteri yang menyebabkan peradangan di dalam folikel rambut (lubang tempat rambut tumbuh).

Mula-mula, kulit di area infeksi menjadi merah dan muncul benjolan. Setelah 4-7 hari, benjolan tersebut mulai mengandung nanah.

Keberadaan bisul kerap mengganggu kenyamanan karena terasa nyeri, apalagi bila terletak di area yang kerap tersentuh.

Daripada repot ke dokter, banyak orang memilih mengobati bisul menggunakan bawang putih. Mereka kerap menghaluskannya terlebih dahulu, lalu membubuhkannya tepat di atas bisul.

Namun, apakah benar bahwa cara pengobatan tersebut bisa meredakan bisul?

Salah satu bumbu masakan ini memang sering menjadi alternatif untuk mengobati beberapa penyakit. Sebab, bawang putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Khasiatnya antara lain yaitu sebagai antikanker dan antijamur.

Bawang putih juga berperan sebagai antibakteri. Mungkin, hal itu yang membuat banyak orang mengira bawang putih bisa menjadi obat bisul. Padahal belum ada penelitian khusus yang mendukung anggapan tersebut.

Bawang putih hanya bisa digunakan sebagai terapi tambahan untuk mempercepat proses penyembuhan bisul. Pemakaiannya juga tidak boleh sembarangan. Sebab, bisul sangat rentan terhadap infeksi lain.

Mula-mula kulit di area infeksi menjadi merah dan muncul benjolan. Setelah 4-7 hari, benjolan tersebut mulai mengandung nanah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News