BJTI Port, Perkuat Dermaga Tingkatkan Produktivitas Pelabuhan

BJTI Port, Perkuat Dermaga Tingkatkan Produktivitas Pelabuhan
Dermaga BTU. Foto Humas Pelindo III

jpnn.com - SURABAYA - PT Berlian Jasa Terminal Indonesia (BJTI Port), anak usaha PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III telah selesai mengerjakan proyek penguatan Dermaga Terminal Berlian Timur Utara (BTU). Direktur Utama BJTI Port, Putut Sri Muljanto mengatakan, pekerjaan penguatan dermaga sepanjang 200 meter telah selesai sesuai jadwal, yakni Januari-Maret 2016.

"Bahkan pada 31 Maret lalu, Dermaga BTU langsung disandari kapal MV. Dengan penguatan dermaga ini diharapkan mampu meningkatkan produktivitas (bongkar muat) Terminal Berlian,” ujar Putut di Surabaya, Rabu (13/4).

Berdasarkan data BJTI Port, capaian produktivitas kegiatan bongkar muat pada triwulan I 2016 sebesar 264.450 TEUs. Jumlah itu meningkat sebesar 9,6 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama pada 2015, yang sebesar 241.196 TEUs.

Sedangkan arus kunjungan kapal pada triwulan I 2016 turun sebesar satu persen, yaitu sebanyak 736 call dibanding periode yang sama pada 2015 sebanyak 740 call.

Putut menambahkan, meski selama tiga bulan lalu proses bongkar muat tidak bisa dilaksanakan di sepanjang 200 meter Dermaga BTU, yang dalam proses pengerjaan penguatan dermaga. Namun hal itu tidak membuat produktivitas Terminal Berlian menurun.

"Data di atas membuktikan produktivitas bongkar muat tetap berjalan baik dan justru meningkat. Dengan selesainya penguatan dermaga diharapkan produktivitas kinerja bongkar muat bisa naik hingga mencapai 3.500 TEUs per hari,” harap Putut. (chi/jpnn)

 


SURABAYA - PT Berlian Jasa Terminal Indonesia (BJTI Port), anak usaha PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III telah selesai mengerjakan proyek penguatan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News