BKN Keluhkan Kada Campuri Urusan PNS

BKN Keluhkan Kada Campuri Urusan PNS
BKN Keluhkan Kada Campuri Urusan PNS
JAKARTA - Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Edy Topo Ashari mengeluhkan terlalu banyaknya urusan PNS yang dicampuri kepala daerah (Kada). Akibatnya, banyak kasus mutasi dan penundaan kenaikan pangkat PNS yang dipengaruhi Kada.

"Campur tangan kada bukan hanya pada PNS saja. Dalam tahapan seleksi CPNS saja, banyak dipengaruhi kada. Contohnya kasus 40 daerah yang kedapatan curang," kata Edy dalam raker antara Komisi II DPR RI dengan paguyuban Kementerian PAN & RB, Senin (28/2).

Dia tidak menutup mata, selama ini kaitan antara PNS dengan Kada cukup erat. Kata dia, setiap kali terjadi pergantian Pejabat Pembina Kepegawaian (menteri, gubernur, walikota, dan bupati), muncul kecenderungan pengangkatan, pemindahan, dan pemberhentian pejabat struktural. Celakanya, kegiatan tersebut dilakukan tanpa memperhatikan kompetensi PNS.

"Akibatnya pengembangan karir PNS menjadi tidak pasti. Sebab seringnya terjadi pergantian pejabat, motivasi dan prestasi cukup terpengaruh,’’ ucapnya.  Selain itu PNS yang berada di bawah tekanan kada tidak netral dan sering dimanfaatkan ketika ada pilkada. (esy/jpnn)

JAKARTA - Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Edy Topo Ashari mengeluhkan terlalu banyaknya urusan PNS yang dicampuri kepala daerah (Kada). Akibatnya,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News