BKN Perketat Pemberian NIP Untuk PNS

Pengangkatan CPNS 2009 Dimulai Januari 2010

BKN Perketat Pemberian NIP Untuk PNS
BKN Perketat Pemberian NIP Untuk PNS
JAKARTA - Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) hasil seleksi tahun 2009 direncanakan akan mulai diangkat pada 2010. pemerintah pusat akan memastikan agar CPNS yang diangkat memang benar-benar dibutuhkan dan ada kesesuaian antara latar belakang pendidikan dengan posisi yang akan diisi.

Deputi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men PAN-RB) bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Ramli Naibaho pada JPNN, Selasa (27/10), mengatakan bahwa pengangkatan akan dimulai pada awal Januari tahun depan. "Tanggal pengangkatan CPNS TMT (Terhitung Mulai Tanggal) 1 Januari 2010," ungkapnya.

Menurut Ramli, CPNS daerah yang lolos seleksi baik berkas, ujian tertulis, psikotes, maupun kesehatan, akan diusulkan oleh gubernur, bupati/wali kota kepada Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk mendapatkan Nomor Induk Pegawai (NIP). Sedangkan untuk CPNS pusat, akan diusulkan oleh pejabat negara di departemen/kementerian. "Setelah CPNS mendapatkan NIP, pemerintah daerah maupun pusat bisa langsung mengangkat yang bersangkutan menjadi PNS," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Biro Umum BKN, Pepen Effendi menyatakan bahwa proses penggodokan NIP akan disesuaikan dengan kompetensi masing-masing. Contohnya, apakah pegawai yang lolos ujian itu ada kesesuaian antara pendidikan dengan pekerjaan. Jika yang dibutuhkan tenaga akuntan tapi yang lolos adalah sarjana hukum, jelas BKN tidak akan mengeluarkan NIP untuk CPNS yang diusulkan.

JAKARTA - Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) hasil seleksi tahun 2009 direncanakan akan mulai diangkat pada 2010. pemerintah pusat akan memastikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News