BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Hari Ini, Simak nih!

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Hari Ini, Simak nih!
BMKG keluarkan peringatan dini cuaca hari ini, Jumat (20/5) menyebut sirkulasi siklonik terpantau berada di perairan barat Kalimantan Barat. Foto/ilustrasi: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan berintensitas ringan berpotensi terjadi di wilayah Indonesia.

Peringatan dini cuaca hari ini, Jumat (20/5) menyebut sirkulasi siklonik terpantau berada di perairan barat Kalimantan Barat.

BMKG menyebut sirkulasi siklonik membentuk daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin, yang memanjang dari Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat.

Daerah konvergensi lainnya juga terpantau memanjang dari Pesisir Selatan Jawa Tengah, hingga Jawa Timur, Sulawesi Tengah, Maluku, dan Papua.

"Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut," tulis BMKG.

BMKG menuliskan wilayah Sumatera Banda Aceh diperkirakan cerah berawan, Tanjungpinang, Padang dan juga Bengkulu, diperkirakan berawan hingga berawan tebal.

Palembang diprakirakan berkabut. Medan, Pekanbaru, dan juga Lampung diprakirakan hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

"Waspada untuk wilayah Jambi dan juga Pangkalpinang, karena diprakirakan hujan disertai petir," tulis BMKG.

BMKG keluarkan peringatan dini cuaca hari ini, Jumat (20/5) menyebut sirkulasi siklonik terpantau berada di perairan barat Kalimantan Barat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News