BMKG Memperingatkan Potensi Hujan Lebat, Angin Kencang, hingga Banjir

BMKG Memperingatkan Potensi Hujan Lebat, Angin Kencang, hingga Banjir
Ilustrasi - warga terdampak banjir. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sebagian besar provinsi di Pulau Jawa diprakirakan bakal diguyur hujan lebat disertai petir dan angin kencang.

Oleh karena itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk lebih waspada saat beraktivitas di luar rumah.

BMKG memperingatkan potensi hujan lebat dapat turun di wilayah Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, dan Kepulauan Bangka Belitung.

Wilayah Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta dan Jawa Timur juga diperkirakan mengalami hal sama.

Daerah lain yang berpotensi mengalami hujan lebat ialah Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan.

Selain itu juga di Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, dan Papua Barat.

Sementara itu, wilayah di Papua diprakirakan akan mengalami hujan dengan intensitas lebih ringan dan angin kencang berpotensi terjadi di Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Khusus untuk wilayah DKI Jakarta, hujan ringan diprakirakan turun di Jakarta Barat pada siang hari sementara Jakarta Selatan dan Jakarta Timur dapat mengalaminya pada siang, malam, dan dini hari.

BMKG merilis peringatan keras untuk warga Jakarta terkait bencana banjir, sedangkan wilayah lain hujan lebat disertai petir dan angin kencang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News