BMKG: Mohon Waspada Potensi Hujan Es dan Angin Puting Beliung

BMKG: Mohon Waspada Potensi Hujan Es dan Angin Puting Beliung
Ilustrasi - Angin puting beliung. (Antara Lampung/Hisar Sitanggang/scrs)

jpnn.com, JAKARTA - Cuaca buruk diprakirakan masih akan melanda sejumlah provinsi di Indonesia, pada Sabtu (18/9).

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), cuaca buruk itu ditandai dengan hujan lebat disertai kilat dan angin kencang.

Oleh karena itu, BMKG melanjutkan, untuk seluruh masyarakat diimbau agar lebih waspada terutama ketika keluar rumah.

Dalam sistem peringatan dini cuaca, BMKG memprakirakan wilayah yang berpotensi mengalami hujan lebat disertai petir hingga angin kencang dapat terjadi di Aceh, Bangka Belitung, Bengkulu, DKI Jakarta dan Gorontalo.

Kemudian Jambi, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, Maluku, Maluku Utara.

Lalu di Nusa Tenggara Barat, Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sumatera Barat, Sumatera Selatan dan Sumatera Utara.

Khusus di wilayah DKI Jakarta pada Sabtu, potensi hujan disertai kilat dan angin kencang dapat terjadi di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada sore hari.

Sementara itu, di Jawa Barat, potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang antara sore hingga malam hari di wilayah di kabupaten/kota Bogor, kabupaten/kota Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Garut, kabupaten/kota Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Kuningan, dan Kabupaten Cirebon.

Cuaca buruk hingga ekstrem, seperti hujan es dan angin puting beliung diprakirakan BMKG masih akan melanda sejumlah provinsi di Indonesia, pada Sabtu (18/9).