BMKG Sebut 45 Gempa Bumi Mematikan Terjadi di Indonesia, Ini Penyebabnya

BMKG Sebut 45 Gempa Bumi Mematikan Terjadi di Indonesia, Ini Penyebabnya
Peta kejadian gempa bumi akibat sesar aktif yang terjadi di wilayah Indonesia (ANTARA/HO.BMKG)

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Pusat BMKG Daryono menyebut pihaknya mencatat telah terjadi 45 kali gempa bumi mematikan akibat sesar aktif di Indonesia.

"Di Indonesia sudah terjadi lebih dari 45 kali gempa mematikan (deadly earthquake) akibat sesar aktif. Sebagian sumber gempa sesar aktif ini terletak di daratan dekat permukiman," kata Daryono dalam siaran persnya, Rabu (30/11).

Dia menjelaskan kejadian gempa bumi mematikan tersebut yang tercatat oleh BMKG mulai tahun 1674.

Kemudian peristiwa terbaru pada 21 November 2022 yang mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat dengan magnitudo 5,6 dengan pusat gempa di darat pada kedalaman 10 km di koordinat 6,84 Lintang Selatan dan 107,05 Bujur Timur.

Gempa bumi akibat sesar aktif itu juga terjadi menyebar mulai dari Pulau Sumatra, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi hingga Papua dengan jumlah korban jiwa yang bervariasi.

Gempa yang mengguncang Cianjur juga disebabkan sesar Cimandiri yang membujur dari Pelabuhan Ratu sampai ke Padalarang.

Hingga Rabu pukul 15.00 WIB tercatat telah terjadi 343 kali gempa susulan dengan magnitudo terbesar 4,2 dan terkecil 1,0.

BMKG menyebut aktivitas gempa bumi di wilayah Cianjur, terus melemah, sehingga warga sudah dapat kembali ke rumah masing-masing, dengan catatan kondisi bangunan rumahnya tidak mengalami kerusakan struktur.

BMKG mencatat sudah ada 45 gempa bumi mematikan terjadi di Indonesia mulai 1674. Penyebab gempa itu, yakni sesar aktif yang ada di Indonesia.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News